Home » Cirebon » Imbas Hujan Kemarin, Pakusamben Terendam

Imbas Hujan Kemarin, Pakusamben Terendam

CIREBON – Bencana banjir di awal 2020, juga terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon. Salah satunya, di Desa Pakusamben Kecamatan Babakan. Hingga Minggu (12/1/2020), beberapa wilayah di desa ini tergenang, dengan ketinggian air antara 30-50 cm.

“Puncaknya kemarin, saat hujan deras mengguyur wilayah ini. Ketingian air sampai 50 cm. Rumah-rumah tergenang, sampai sekarang,” ujar Ipul, warga Blok 5 Desa Pakusamben, kepada jabarpublisher, Minggu (12/1/2020).

Dikatakan Ipul, genangan air terjadi karena tak berfungsinya gorong-gorong serta saluran air di lingkungannya. Selain itu, pembangunan jembatan yang terlalu tinggi, juga menjadi salah satu penyebab genangan air itu terjadi.

“Dari sejak kepemimpinan kuwu terdahulu sampai sekarang, masalah banjir disini tak pernah terselesaikan. Kami berharap, kepemimpinan kuwu yang sekarang ini bisa mengatasinya,” katanya.

Pantauan jabarpublisher, air yang menggenang di beberapa dusun di Desa Pakusamben, hingga hari ini belum surut. Tampak Kuwu Pakusamben, Arif bersama warga bergotong royong melakukan normalisasi saluran air.

“Kita akan membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi banjir susulan yang lebih besar. Selain itu, kita juga membersihkan saluran air, juga akan membuat gorong-gorong pembuangan air, supaya ketika hujan datang, air bisa mengalir secara normal,” katanya. (adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.