Home » Cirebon » Lapas Sukamiskin dan Cirebon Lockdown! Tak ada Besuk 2 Minggu

Lapas Sukamiskin dan Cirebon Lockdown! Tak ada Besuk 2 Minggu

CIREBON – Lapas Sukamiskin Bandung dan Lapas Kelas 1 Cirebon, lockdown 2 minggu. Kunjungan ke lapas itu, untuk sementara (selama 2 minggu) ditiadakan.

Kepala Lapas Sukamiskin, Abdul Karim, mengatakan, lockdownnya Lapas Sukamiskin selama dua minggu dilakukan mengingat Bandung masuk zona merah karena ada satu warganya yang terpapar virus corona atau covid 19.

“Seperti disampaikan pak Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar, kemungkinan akan stop kunjungan, lockdown selama 14 hari ke depan,” ujar Kepala Lapas Sukamiskin, Abdul Karim, Selasa (17/3/2020).

Meski demikian, hak-hak warga binaan untuk dijenguk keluarga diupayakan tetap terpenuhi. Salah satunya dengan video call.

“Sore ini baru akan kami sosialisasikan ke seluruh warga binaan. Untuk video call teknisnya belum bisa saya sampaikan karena menunggu arahan pimpinan,” tambah dia.

Hal yang sama juga terjadi di Lapas Kelas 1 Cirebon. Kepala Lapas Kelas I Cirebon, Agus Irianto, melalui Kasi Keamanan, Amirudin Ismail, mengatakan, peniadaan sementara kunjungan itu diberlakukan mulai hari ini.

“Aturan tersebut kami berlakukan hingga 17 – 31 Maret 2020,” ujar Amirudin Ismail saat ditemui di Lapas Kelas I Cirebon, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (17/3/2020).

Pihaknya memastikan aturan tersebut telah disosialisasikan kepada seluruh warga binaan di Lapas Kelas I Cirebon.

“Karena aturan ini dilakukan semata-mata untuk melindungi kesehatan warga binaan,” kata Amirudin Ismail.

Menurut dia, tidak sepenuhnya kunjungan terhadap warga binaan ditiadakan.

Pengunjung tetap bisa menitipkan barang untuk anggota keluarganya yang jadi warga binaan di Lapas Kelas I Cirebon.

Selain itu, pengiriman barang melalui jasa antar paket untuk warga binaan juga masih tetap bisa dilakukan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*