Home » Cirebon » Cegah Corona, Pemdes Jatiseeng Kidul Gelar Penyemprotan Di Semua Dusun

Cegah Corona, Pemdes Jatiseeng Kidul Gelar Penyemprotan Di Semua Dusun

CIREBON – Demi mencegah penularan Virus Corona atau Covid 19, Pemerintah Desa (Pemdes), Jatiseeng Kidul Kec Ciledug, Kab Cirebon serentak melakukan penyemprotan disinfektan di semua dusun, pada Senin (30/3/2020) lengkap dengan pemasangan spanduk sebagai himbauan untuk masyarakat.

PENYEMPROTAN RUMAH-RUMAH WARGA DI DESA JATISEENG KIDUL


Dari pantauan JP, sejumlah warga tampak kompak dan penuh kebersamaan menyusuri gang-gang, jalan kecil hingga jalan besar saat melakukan penyemprotan di semua dusun yang ada di Jatiseeng Kidul.

Kuwu Jatiseeng Kidul, Johari, saat diwawancarai Jabar Publisher mengatakan, kegiatan ini sebagai upanya nyata mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona. “Kita laksanakan penyemprotan semua dusun dengan melibatkan perangkat desa dibantu staff, RT, RW serta warga. Adapun sasaran yang kita semprot disinfektan itu adalah tempat ibadah, rumah-rumah penduduk, halaman dan lainnya,” ungkap Kuwu Johari.

Ia menjelaskan, penyemprotan disinfektan tersebut rencananya akan diadakan secara berkala sampai wabah corona mereda. Terlebih, Pemerintah juga ke depan membolehkan penggunaan Dana Desa tahun 2020 untuk memerangi virus covid 19 ini.

“Untuk penyemprotan ini bertahap, mudah-mudahan dilakukan secara berkesinambungan. Kami melakukan ini karena kami semua peduli. Dengan kekompakan dan ikhtiar bersama ini, Insya Allah masyarakat Jatiseeng Kidul bisa terhindar dari Virus Corona. Dan kalau pun wabah ini berkepanjangan kami akan bagikan sembako untuk warga,” terangnya.

Pihaknya juga sudah memberikan himbauan kepada masyarakat dan Perangkat Desa, agar siaga apabila ada warga yang datang dari luar kota atau luar negeri. Langkahnya yakni segera cepat tangani dengan cara diantar ke puskesmas terdekat agar diepriksa terlebih dahulu. “Dan kami juga meminta kepada para perantau kalau bisa jangan dulu mudik. Ikuti himbauan dari pemerintah supaya kita bisa segera memutus rantai penyebaran Virus Covid 19 ini,” terangnya.

Kuwu Jatiseeng Kidul menjelaskan, saat ini ada 3 warganya yang baru pulang dari luar negeri dan ketika dites hasilnya negatif corona. “Untuk yang mudik dari Bogor, kami baru dapat laporan ada 8 orang. Data selalu berubah dan kami pantau terus. Sampai sekarang belum ada laporan lagi,” tambahnya.

Terakhir, Johari berpesan kepada masyarakat Jatiseeng Kidul agar tetap tenang dan jangan panik. Selain itu, ikuti saran dan himbauan dari pemerintah, laksanakan pola hidup sehat, sering cuci tangan, hindari kerumunan, jaga jarak, dan diam di rumah. (eko)




SPANDUK HIMBAUAN DARI KUWU JATISEENG KIDUL TERKAIT WABAH CORONA SUDAH TERPASANG DI SEJUMLAH TITIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.