Home » Cirebon » Dana Desa di Kab Cirebon sudah Cair! “Baru 15%, Prioritas untuk Bansos”

Dana Desa di Kab Cirebon sudah Cair! “Baru 15%, Prioritas untuk Bansos”

CIREBON – Kabar gembira! Anggaran dana desa se-Kabupaten Cirebon sudah cair. Dana itu, bahkan sudah diterima oleh seluruh desa di kabupaten tersebut. Meskipun, pencairannya baru 15 persen dari total anggaran.

Hal itu ditegaskan Bupati Cirebon, H. Imron Rosyidi, Rabu (27/5/2020). Kata dia, semua desa di wilayahnya sudah mendapatkan pencairan tersebut. Anggarannya, kata dia, untuk membantu KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

“Setiap desa menerima dananya berbeda-beda. Semuanya akan disalurkan untuk semua KPM di masing-masing desa,” ujar Bupati Imron Rosyadi.

Nantinya, kata dia, setiap KPM akan mendapatkan bantuan uang tunai yang diberikan oleh setiap desa dari anggaran dana desa, sebesar Rp 600 ribu per KK. “Untuk jumlah KK itu hanya masing-masing desa yang mengetahui. Itu pun sesuai dengan hasil verifikasi perangkat desa. Sayay harap pembagian bisa merata dan tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan,” ucapnya.

Sementara bantuan dari Pemkab Cirebon, jelas Imron, diberikan dalam bentuk beras. Awalnya, lanjut Imron, Pemkab menganggarkan bantuan sebesar Rp 25 miliar. Namun setelah dihitung, bantuan membengkak menjadi sekitar Rp 31 miliar lebih.

“Hitungannya, setiap KK mendapatkan 15 kg beras selama tiga bulan. Harga beras per kg sebesar Rp12 ribu diperuntukan bagi 46.848 KK. Sementara, yang mengantarkan beras tersebut memakai jasa angkutan ojek online dengan ongkos Rp30 ribu per sekali antar. Jadi sudah fix semua bantuan yang diberikan Pemkab berupa beras. Alasannya sesuai dengan permintaan kebanyakan masyarakat. Beras kan tahan lama juga,” kata Imron. (mmm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.