Home » Artikel » Rejeki Seret Saat Pandemi? Yuk! Amalkan Tiga Doa Ini

Rejeki Seret Saat Pandemi? Yuk! Amalkan Tiga Doa Ini

SAAT INI, sebagian dari saudara kita mungkin kita sendiri mengalami kesulitan mencari rezeki. Salah satu penyebabnya, pandemi virus corona. Banyak orang diminta berdiam di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Sejumlah instansi pemerintah maupun perusahaan swasta mewajibkan karyawan bekerja dari rumah.

Demikian pula yang terjadi pada dunia pendidikan. Aktivitas belajar mengajar dijalankan jarak jauh melalui jaringan internet. Sayangnya, ada sebagian saudara kita yang bisa terus berada di rumah. Mereka harus berada di luar rumah untuk mencari nafkah.

Para pedagang asongan, pedagang sayur, dan seluruh pekerja sektor informal terkena dampak dari wabah ini. Pendapatan mereka turun drastis akibat semakin sedikit orang belanja ataupun bepergian ke luar rumah.

“Kita berada di badai yang sama, namun dalam kapal yang berbeda”. Itulah kiasan yang pas menggambarkan kondisi ditengah pandemi ini.

Dalam kondisi ini, hal yang bisa dilakukan adalah memohon kepad Allah agar situasi kembali pulih dan virus corona segera lenyap. Agar rezeki dapat lancar diterima, dianjurkan membaca doa ini.

Doa Kelancaran Rezeki

Allahumma ya ghoniyu ya mughni aghnini ginan abadan wa ya ‘azizu ya mu’izzu a’izzani bi-i’zazin ‘izzata qudratika, wa ya muyassiral umuri yassir li umurad dun-ya waddini ya khoira man yurja ya Allah

Artinya:

“Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di alam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, Ya Allah.

Doa Nabi Ibrahim Ketika Ditimpa Kemalangan

Tak ada yang bisa menjamin seseorang terbebas dari kemalangan. Meskipun sudah berhati-hati, kemalangan tetap saja bisa datang. Penyebab kemalangan bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena kelalaian atau kecerobohan, bisa jadi karena berbuatan yang keliru.

Tertimpa kemalangan membuat seseorang merasa sulit. Dia bisa terluka ataupun harta benda dan apapun yang dicintainya hilang. Dalam kondisi ini, dia akan berada dalam situasi sulit. Tidak jarang orang tertekan karena mengalami kesusahan ditimpa kemalangan.

Ada baiknya membaca doa yang dilafalkan Nabi Ibrahim AS ketika tertimpa kemalangan akibat ulah Firaun. Doa tersebut terdapat dalam Surat Ali Imran ayat 73.

Khasbunallah wa ni’mal wakil.

Artinya:

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kamu dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.

Doa Rasulullah Melindungi Madinah dari Wabah

Madinah merupakan salah satu dari kota suci bagi umat Islam sedunia. Dikenal sebagai Madinatul Munawwarah yang artinya Kota yang Bercahaya, Madinah menjadi salah satu tujuan umat Islam ketika melaksanakan haji maupun umrah. Kota ini dibangun sendiri oleh Rasulullah Muhammad SAW. Bahkan hampir sebagian besar waktu dakwah Rasulullah menyebarkan Islam dihabiskan di Madinah hingga meninggal dunia.

Madinah memiliki struktur kota yang jauh lebih rapi. Selain itu, kota ini sangat bersih dengan sistem sanitasi yang sangat bagus. Dalam catatan sejarah, penduduk Madinah sejak Rasulullah masih hidup tidak pernah terkena wabah. Kota ini diklaim bebas dari wabah apapun. Rahasianya adalah doa dari Rasulullah untuk melindungi Madinah. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Doa Pelindung Madinah dari Wabah

Allahumma habbib ilainal madinata kama habbabta makkata aw asyadda, wa shahih-ha wa barik lana fi sha‘iha wa muddiha wa hawwil hummaha ilal juhfah.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah kecintaan kepada kami terhadap Kota Madinah sebagaimana Engkau memberikan kepada kami kecintaan terhadap Mekah, atau bahkan lebih dari Mekah. Jadikanlah Madinah sebagai kota yang sehat, dan berikanlah keberkahan pada takaran sha’ dan takaran mudd kami, serta pindahkan penyakitnya ke Juhfah.”
Semoga Bermanfaat. (*)

Sumber: dream.co

Semoga bermanfaat (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.