Home » Cirebon » Corona “Merangsak” ke Pasar Sumber! 2 Pedagang Positif
Petugas saat menjemput pedagang yang positif di rumahnya

Corona “Merangsak” ke Pasar Sumber! 2 Pedagang Positif

CIREBON – Dua pedagang di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon positif corona (covid-19). Hasil itu diperoleh setelah mereka mengikuti test swab massal, beberapa hari lalu. Menyusul itu, Pasar Sumber pun akan ditutup sementara waktu.

Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi pun langsung memerintahkan instansi terkait untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) di Pasar Sumber.

“Besok Pasar Sumber akan kita tutup. Penutupan dilakukan hingga 14 hari ke depan,” kata Imron usai rapat koordinasi di kantornya, Kamis (28/5/2020).

Imron mengatakan rencana penutupan pasar itu telah dikoordinasikan dengan intansi lainnya, seperti TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP. “Ini juga ada usulan dari pedagang sendiri. Di Pasar Sumber sendiri totalnya ada sekitar 600 pedagang,” kata Imron.

Imron mengatakan selama penutupan pihaknya akan menyemprot disinfektan ke fasilitas pasar. Sekarang, kata dia, pihaknya melakukan sosialisasikan ke pedagang terkait penutupan tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan sebelum menutup pasar, pihaknya akan melakukan tes swab massal di Pasar Sumber.

“Nanti kita akan tes swab massal untuk orang yang berada di radius 100 meter dari lokasi pasien positif. Termasuk 40 orang yang kontak langsung dengan pasien positif,” kata Enny.

Terkait dua pedagang di Pasar Sumber yang terdeteksi positif corona, Enny mengatakan, pihaknya telah melacak riwayat perjalanan dua pedagang itu dan sejumlah orang yang sempat kontak langsung. Hasilnya ada 40 orang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut.

“Keduanya pedagang. Satu pedagang ini berjualan juga di Pasar Balong Kota Cirebon, setiap dua hari sekali. Satu pedagang lainnya sempat menerima tamu dari Bandung,” tutur Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni.

“Nanti kita akan tes swab massal untuk orang yang berada di radius 100 meter dari lokasi pasien positif. Termasuk 40 orang yang kontak langsung dengan pasien positif,” kata Enny menambahkan.

Sebelumnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan adanya penambahan dua pasien yang terkonfirmasi positif. Kini total pasien positif Corona di Kabupaten Cirebon mencapai 12 orang. Dua pasien yang positif tersebut merupakan pedagang Pasar Sumber, Cirebon, yang mengikuti tes swab massal beberapa hari lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.