Home » Cirebon » Siapa Otak Pungli di Disdukcapil Kab Cirebon? Ini Kata Kapolresta dan Kajari

Siapa Otak Pungli di Disdukcapil Kab Cirebon? Ini Kata Kapolresta dan Kajari

CIREBON – Kasus pungli di Disdukcapil Kabupaten Cirebon akan segera dilimpahkan ke Polresta Cirebon. Dan secepatnya, siapa yang menjadi otak atau koordinator dari aksi pungli di OPD tersebut akan terungkap.

Sekedar mengulas, beberapa hari lalu enam “penghuni” Kantor Disdukcapil Kabupaten Cirebon diamankan Tim Satgas Saber Pungli Polda Jabar, dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT). Dari enam orang itu, satu diantaranya Kabid Dafduk, 2 staf PNS dan tiga honorer.

“Gelar penanganan kasus OTT enam pegawai Disdukcapil akan dilimpahkan ke Satreskrim Polresta Cirebon. Saat ini kami masih menunggu pelimpahan dari Polda Jabar,” ujar Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi di Mapolresta Cirebon, Jumat (26/6/2020).

Setelah adanya pelimpahan, kata dia, pihaknya akan mengungkap siapa otak dan koordinator dari aksi pungli tersebut.

“Setelah pelimpahan, kami akan langsung mengambil keterangan kepada pihak yang diamankan untuk mengetahui koordinator pemungutan dari pada proses pembuatan KTP-el,” ucapnya.

Kejaksaan Negeri Sumber (Kabupaten Cirebon) juga tak tinggal diam terkait kasus pungli di Disdukcapil.

Ditemui terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Cirebon, Tommy Kristanto, mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu hasil penyidikan kasus pungli tersebut agar bisa diketahui penyebab terjadinya praktik pungli itu.

“Seharusnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku, seluruh proses pembuatan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya,” katanya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.