Home » Cirebon » Seminggu Dibuka, Pengunjung Waduk Darma Kuningan Membludag

Seminggu Dibuka, Pengunjung Waduk Darma Kuningan Membludag

KUNINGAN – Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kuningan, sejak Minggu (21/6/2020) kembali membuka pelayanannya untuk pengunjung. Artinya sudah satu minggu sejumlah tempat wisata di Kab Kuningan ini terbuka untuk umum, termasuk diantaranya Waduk Darma yang terletak di kaki Gunung Ciremai.

Kontan saja pengunjung pun membludak karena sebelumnya mereka ‘terkarantina’ akibat kebijakan PSBB. Sejak pagi hingga sore hari, sejumlah wisatawan asal Cirebon dan sekitarnya datang silih berganti memasuki objek wisata dengan tarif masuk Rp 15 ribu per orang itu.

Hal ini seperti terpantau jabarpublisher.com di objek wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan pada Minggu (28/6/2020). Di mana ada ratusan pengunjung tampak memadati objek wisata tersebut. diantara mereka ada yang bersantai, naik perahu, atau hanya sekedar bercengkrama dengan keluarga.

RAPI – Sejumlah kendaraan roda empat pengunjung tersusun rapi di real parkir waduk darma.

Menurut penuturan petugas bagian tiket, objek wisata tersebut sudah buka sejak seminggu lalu. “Sudah seminggu kang waktu pertama dibuka bahkan dihadiri pak wakil Bupati Kuningan juga. Dan perlu diketahui, kami juga ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Bagi semua pengunjung diwajibkan pakai masker,” katanya kepada JP.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Kab Indramayu, Ibu Kunti, mengatakan bahwa Ia merasa senang bisa kembali berwisata bersama keluarga karena sebelumnya ia tidak bisa pergi saat liburan dan akhir pekan. “Perasaannya ya senang mas, bebas. Karena sebelumnya enggak bisa kemana-mana ini juga iseng coba-coba pergi berwisata ke Kuningan ternyata buka dan tidak seseram yang dibicarakan orang-orang soal itu (corona-red). Semuanya baik-baik saja,” katanya.

SENANG – Ibu Kunti, pengunjung asal Indramayu ini mengaku senang bisa berwisata kembali pasca wabah corona.

Namun Ia mengaku prihatin dengan kondisi ekonomi yang menerpa sejumlah kalangan terlebih para pedagang yang menggantungkan hidupnya dari keramaian. “Yang bikin saya prihatin adalah bidang ekonomi karena banyak pedagang yang terpuruk. Apalagi pedagang yang biasa berjualan di tempat-tempatbramai seperti wisata dan sekolah,” terangnya.

Sedangkan Nina, pengunjung asal Kecamatan Gebang, Kab Cirebon memiliki alasan khusus memilih waduk Darma sebagai tempat relaksasi. “Menurut saya tempat seperti ini sangat ampuh untuk menghilangkan penat dan merelaksasi diri setela sepekan penuh bekerja. Barusan saya juga keliling naik perahu,” ujar wanita yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan itu.

Diberitakan sebelumnya, setelah tiga bulan ditutup total karena pandemi Covid-19. Obyek wisata alam yang membuka kembali operasional kegiatannya, termasuk yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai di belahan wilayah Kabupaten Kuningan. Kecuali seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai sementara ini masih ditutup untuk aktivitas pendakian.

Menandai kembali beroperasinya obyek wisata ini, dilakukan acara Launching (Peluncuran) Obyek Daya Tarik Wisata, Hotel, dan Rumah Makan dengan melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) oleh Bupati Kuningan Acep Purnama bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan yang digelar serentak di empat lokasi terpisah. 

Satu tim dipimpin Bupati Kuningan mengadakan acara tersebut di ODTW Zam Zam Pool dan di Terminal Wisata Pasawahan, satu tim dipimpin Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda di obyek wisata Waduk Darma pada pekan lalu. (jay/wul)

SANTAI – Sejumlah pengunjung tampak bersantai dan menimkati jajanan yang ada di Waduk Darma.
WISATA PERAHU – Selain menyajikan pemandangan yang indah, ada pula wisata perahu yang bisa dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.