Home » Headline » Refleksi Anniversary Telkom University: Bentuk Kontribusi Nyata Bagi Bangsa

Refleksi Anniversary Telkom University: Bentuk Kontribusi Nyata Bagi Bangsa

BERAWAL dari cita-cita luhur Cacuk Sudarijanto yang berkeinginan membawa PT. Telkom Indonesia menjadi perusahaan yang harus mampu memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) membawa Cacuk Sudarijanto mendirikan Institusi Pendidikan bernama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom) dan MBA Bandung pada tanggal 28 September 1990 yang merupakan cikal bakal berdirinya Telkom University.

Dalam perjalanannya MBA Bandung dan STT Telkom telah mengalami proses transformasi. Dimulai dari MBA Bandung yang telah bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) yang sejalan dengan peraturan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk memberikan identitas yang lebih kuat pada bidang keilmuan manajemen bisnis dan telekomunikasi, pada tahun 2006 STMB berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom (STMB Telkom), kemudian sebagai sebuah eksistensi yang semakin kuat mendorong STMB Telkom bertransformasi menjadi Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) pada tahun 2008.

Sama halnya dengan MBA Bandung, dalam perjalanannya STT Telkom juga mengalami beberapa perubahan. STT Telkom merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki kekhususan program studi pada bidang Information and Communication Technologies (ICT). Kemudian STT Telkom berubah menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada tahun 2008. IT Telkom merupakan sebuah Langkah awal menuju World Class University dan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan ahli-ahli di industri telekomunikasi bahkan dapat menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang ICT yang terampil dan berwawasan bisnis serta sebagai jawaban atas tuntutan perkembangan industri ICT yang begitu pesat.

Pada tahun 2007, atas inisiasi kerjasama NTC (National Institute of Information Technology, India & Telkom Centre) dan Program Profesional STT Telkom membentuk sebuah lembaga Pendidikan vokasi yang berkualitas yang dinamakan Politeknik Telkom. Politeknik Telkom hadir dengan membawa misi untuk berkontribusi kepada bangsa Indonesia dan masyarakat dunia dengan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan internasional dan memiliki kemampuan berkompetisi secara global.

Disamping itu, untuk melengkapi bidang keilmuan lainnya selain IT dan Manajemen, Yayasan Pendidikan Telkom juga menghadirkan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) yang telah berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI). STISI Telkom bergabung menjadi bagian dari salah satu Institusi Pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom pada tahun 2010. Awal mula STISI bergabung dengan diinisiasi kerjasama antara STISI dan juga Telkom Profesional Development Center (Telkom PDC). STISI Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi swasta pelopor dibidang Seni Rupa dan Desain dengan program studi terlengkap yang memfokuskan lulusannya untuk dapat menjadi tenaga ahli dibidang seni rupa dan desain yang terampil, memiliki wawasan luas, serta memaksimalkan potensi berwirausaha sebagai jawaban atas tuntutan kebutuhan masyarakat industri kreatif Indonesia yang perkembangannya sangat pesat.

Dari mimpi dan harapan yang sudah dijalani oleh empat institusi Pendidikan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang telah memberikan banyak kontribusi untuk Indonesia, maka untuk mewujudkan mimpi yang lebih besar, Yayasan Pendidikan Telkom menghadirkan Telkom University. Telkom University merupakan penggabungan dari IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik Telkom yang diresmikan pada tanggal 14 Agustus 2013 oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA.

Telkom University memiliki visi menjadi Riset dan Entrepreneurial University pada tahun 2023 yang aktif melibatkan perkembangan teknologi sains dan seni dengan berbasis teknologi informasi. Saat ini Telkom University memiliki lebih dari 50.000 alumni dari tahun 1990 sampai sekarang dengan sebaran alumni di berbagai negara. Salah satu yang membuat Telkom University Hebat sampai saat ini adalah eksistensi dari alumni Telkom University yang telah terbukti keahliannya diberbagai bidang.

Sampai saat ini Telkom University telah banyak mencetak berbagai prestasi membanggakan. Hal ini diraih bukan semata hanya kontribusi dari sebagian pihak saja, namun hal ini merupakan kontribusi dari berbagai pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Pendidikan di kampus Telkom University sejak didirikannya STT Telkom dan MBA Telkom dari tahun 1990.

Berbagai prestasi pun telah Telkom University raih, diantaranya:

1. Universitas Swasta Terbaik di Indonesia dari Kemenristekdikti
2. Pada tahun 2016 Tel-U meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Program Studi Akreditasi A mencapai 71,87% dan 56% Program Studi Terakreditasi Internasional mencapai 60%
3. Mendapatkan Anugerah Widya Padhi sebagai Perguruan Tinggi dengan Inovasi terbaik
4. Meraih peringkat QS Star (5 stars) dalam teaching, innovation, employability dan inclusiveness.
5. Menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) No.1 versi Webometrics
6. Sebagai Perguruan Tinggi dengan produktivitas publikasi tertinggi di Indonesia untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pada Science and Technology Index Awards (SINTA)
7. Menduduki Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta untuk produktivitas publikasi internasional tertinggi (versi schimago)
8. Meraih penghargaan Klaster Mandiri (tertinggi) untuk kinerja penelitian dari Kemenristekdikti
9. Menduduki Peringkat ke 401 dalam pemeringkatan QS AUR (Asia University Ranking)
10. Menduduki Peringkat ke 50 dunia versi WURI (World University with Real Impact) untuk kategori Industrial Application, Ethnical Value dan Student Mobility & Openess
11. Menjadi Perguruan Tinggu Swasta (PTS) terpopuler menurut 4ICU (UniRank)
12. Menduduki Peringkat 9 pada pemeringkatan UI Green Metric sebagai Kampus Hijau

Seluruh capaian yang telah diraih Telkom University ini merupakan hasil kerja keras sivitas akademika Telkom University mulai dari mahasiswa, tenaga pengajar, staff, dan tidak lepas para alumni yang terus menjaga nama baik Telkom University baik dari Angkatan pertama di tahun 1990 hingga saat ini.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh sivitas akademika pada perayaan Anniversary Telkom University, dan selamat atas semua capaian yang diraih, menurutnya seluruh prestasi dan mutu yang diberikan Telkom University adalah bentuk komitmen Tel-U untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

“Terimakasih kepada seluruh sivitas akademika Tel-U atas prestasi yang diraih Tel-U hingga saat ini, dan saya ucapkan terimakasih juga kepada para alumni yang terus berkontribusi dalam dunia industry dan tetap menjaga nama baik almamater, Telkom University akan terus berkontribusi terhadap bangsa dan terus mencetak sumber daya unggul bagi kemajuan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Berikut Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan untuk memperingati Anniversary Telkom University, sebagai berikut:

1. Seminar dengan tema Strengthening the Economic Revival Through Digital Innovation Towards “Indonesia Maju” yang akan menghadirkan Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan) dan Prof. Ir. Nizam, Ph.D (Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud), Erick Thohir (Menteri Badan Usaha Milik Negara), Dr. Ir. Ismail, MT (Dirjen SDPPI Kominfo), Dr. Ir. Jumain Appe (Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN) dan Ririek Adriansyah (Direktur Utama Telkom Indonesia) pada 14 Agustus 2020.
2. Tabligh Akbar Telkom University yang akan menghadirkan KH. Ahmad Baha’uddin Nursalim yang akan diselenggarakan pada 13 Agustus 2020
3. Rangkaian kegiatan Olimpiade Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) 2020 untuk mahasiswa, pegawai dan alumni yang diselenggarakan pada 14-30 Agustus 2020
4. Rangkaian kegiatan budaya Telkom University dengan tema “Stronger Happier” yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2020
5. Penyelenggaraan Webinar Indonesia Maju Berbasis Riset dan Inovasi Nasional yang mengundang Prof. Bambang Soemantri Brojonegoro, Ph.D (Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional) serta rangkaian acara webinar lainnya.

Seluruh rangkaian acara kegiatan Anniversary Telkom University diselenggarakan sebagai bentuk syukur dari Seluruh Sivitas Akademika Telkom University atas pencapaian yang telah diraih oleh Telkom University serta memperkuat nilai Harmony, Excellence dan Integrity (HEI). (rls/tel-u)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.