Home » Cirebon » Asyik Banget! Ngopi dengan Nuansa Alam di “Ludek Kopi” Gagasari

Asyik Banget! Ngopi dengan Nuansa Alam di “Ludek Kopi” Gagasari

CIREBON – Ngopi, santai, dan ketenangan, merupakan satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Nah, bagi anda para pecinta kopi yang juga mengidamkan suasana yang nyaman dengan nuansa alam pesawahan, bisa datang langsung ke Ludek Kopi, di Desa Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

NUANSA ALAM PESAWAHAN YANG ASRI BEGITU KENTAL TERASA SAAT TIBA DI LUDEK KOPI

Kedai Kopi yang sudah berdiri sejak 2 tahun ini semakin banyak digandrungi oleh para pecinta kopi dari semua lapisan umur, tua maupun muda. Rudi, selaku owner Ludek Kopi menjelaskan historis ia membangun Kedai Kopi tersebut saat Ia merantau ke Korea. “Gagasan membuat Kedai Ludek Kopi ini karena saya pengen punya tempat nongkrong yang asyik dan berhubungan dengan alam. Impian itu sudah muncul saat saya merantau ke Korea. Pas pulang, Bismillah langsung saya coba wujudkan,” ungkapnya kepada JP, Minggu (13/9/2020).

Adapun nama ‘Ludek’ sendiri diambil dari filosofi bahwa kopi, gula, dan susu, itu harus diaduk (diludek dalam Bahasa Jawa). Keseimbangan rasa yang mantap antara perpaduan kopi yang tersaji lalu diaduk secara merata menjadi keistimewaan tersendiri di Ludek Kopi, selain tempatnya yang memang unik.

Bicara dekorasi ruang, Ludek Kopi juga berani diadu dengan kedai kopi lainnya. Sejumlah ornamen unik yang merupakan kreasi Rudi sendiri, semakin menguatkan kesan alami. Ada saung, miniatur jalan, saung lantai dua, kursi dari pohon, mini stage kayu, tenda alam, dan tentunya dipadu dengan lighting cantik, semakin menambah betah ngopi di Ludek Kopi tiap malam. Ada juga sound system dan instrumen yang bisa dipakai oleh pengunjung sebagai hiburan dan ajang unjuk bakat. Keren bukan?

SUASANA TALKSHOW JP DENGAN OWNER LUDEK KOPI RUDI (KANAN)

Di saung lantai dua, anda akan menemukan lukisan sejumlah tokoh NU yakni KH Hasyim Asy’ari, KH Abbas dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). “Saya pasang lukisan tokoh-tokoh NU karena saya juga seorang santri juga kang, dulu pernah mondok juga di Buntet,” kenangnya.

Sementara itu, basic keilmuan Rudi dalam dunia ‘PerKopian’ tak perlu diragukan lagi. Sewaktu Ia tinggal di Korea, tepatnya di Busan, awal tahun 2018 lalu, dia sempat mengikuti pelatihan khusus barista bahkan dihadiri juga oleh Duta Besar (Dubes) dari Indonesia. Selanjutnya Ia kembali mengikuti pelatihan barista yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI di Lembang – Bandung saat pulang. “Alhamdulillah, semuanya digratiskan dan difasilitasi oleh pemerintah. Saya ucapkan terimakasih atas support pemerintah, dan ilmu yang diberikan benar-benar sangat membantu usaha saya saat ini,” ujar pria yang juga memiliki usaha peternakan ini.

LUDEK KOPI JUGA DISUGUHI DEKORASI DENGAN LUKISAN MURAL YANG SAAT INI MASIH DIBUAT

Adapun sejumlah kopi yang disuguhkan sebenarnya sangat variatif namun jenis kopi yang paling dominan yakni kopi asli dari Jawa Barat seperti Kopi Malabar. “Nah kalau untuk kopi andalan, kami punya V-60 (Baca: V Sixty). Kopi yang diracik dalam dripperĀ dengan kemiringan 60Ā°. Itulah kopi yang sesungguhnya dan pastinya kaya manfaat,” jelas Rudi sambil menyebutkan maanfaat kopi asli yakni bisa membuat lebih tenang, meningkatkan daya tahan, dan stamina.

Ditanya, apakah ada komunitas khusus yang dirangkulnya agar kedai kopinya semakin ramai? Rudi memgaku membuka ruang untuk siapa saja, untuk semua komunitas, tanpa terkecuali. “Buat teman-teman silahkan mampir, silahkan datang, silaturahim, diskusi di sini. Tempatnya asik dan jauh dari keramaian. Kalau sudah masuk area wajib ngopi ini, Insya Allah bakal bikin ketagihan. Lokasinya, dari Jalur Pantura, sebelum Pom Bensin Gagassri, belok saja ke kiri,” ajak Rudi di sesi akhir wawancara.

Ia berharap, semoga dengan bertambahnya pengusaha kedai kopi juga bisa menambah pemasukan bagi para Petani Nusantara seiring semakin terbukanya wawasan masyarakat tentang manfaat dari kopi asli. (jp/adv)

SEORANG PENGUNJUNG, WATI, TAMPAK MENCOBA MERACIK KOPI DI LUDEK KOPI
LUDEK MENJADI KEDAI KOPI FAVORIT DI CIREBON TIMUR.
DUA BARISTA LUDEK KOPI SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK UNTUK PARA PECINTA KOPI
SP BAND SAAT PERFOM LIVE AKUSTIK DI LUDEK KOPI
GALERI FOTO DI LUDEK KOPI GAGASARI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.