Home » Cirebon » Dikunjungi Bupati, RSUD Waled Sampaikan Sukses Story Terapi Plasma Pasien Covid

Dikunjungi Bupati, RSUD Waled Sampaikan Sukses Story Terapi Plasma Pasien Covid

CIREBON – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Jumat (18/9/2020) dikunjungi langsung oleh Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi M.Ag. Kunjungan bupati tersebut guna meninjau kesiapan RSUD Waled sebagi RS yang melakukan penanganan terhadap pasien Covid-19.

Hasilnya didapatkan bahwa Bupati menyatakan RSUD Waled sudah cukup siap dalam menangani pasien covid-19. Bahkan dari pantauan Bupati di ruang isolasi RSUD setempat, Bupati mendapatkan informasi bahwa ada pasien yang sedang ditangani dan ada pula pasien pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dengan sejumlah sukses story. Sedangkan dalam wawancara khusus dengan sejumlah Insan Pers, Bupati Cirebon menyatakan selain dianggap siap RSUD Waled juga akan mengembangkan sebuah teknologi baru pengobatan covid-19 dengan sistem plasma. Namun untuk merinci seperti apa pola pengobatan yang dimaksud, bupati melimpahkan statementnya kepada pihak RSUD Waled agar informasi yang diberikan bisa lebih jelas.

Sebagaimana diketahui, RSUD Waled selain melayani pengobatan umum juga menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Cirebon guna menangani pasien-pasien yang dinyatakan positif covid-19. Kunjungan Bupati Cirebon juga didampingi langsung Oleh Direktur RSUD Waled Budi Setiawan Soenjaya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Muspika Kecamatan Waled, dan para pihak terkait.

PERWAKILAN DOKTER DI RSUD WALED SAAT DIWAWANCARAI WARTAWAN USAI KUNJUNGAN BUPATI CIREBON

Sementara itu, dalam wawancara khusus dengan salah seorang dokter yang mewakili RSUD Waled, yakni dr. Ahmad Fariz Malvi Zam Zam Zein Sp.PD menyatakan, bahwa untuk penanganan pasien covid-19 yang berat biasanya menggunakan dua metode yakni imunoterapi dan terapi plasma. “Untuk imuno terapi di Indonesia belum ada. Sedangkan untuk terapi plasma RSUD Waled terus mengembangkan dan sudah memiliki sukses Story terkait penyembuhan pasien covid 19. Adapun mekanismenya yakni, terapi plasma adalah terapi darah yang diambil dari pasien yang sudah dinyatakan sembuh karena sudah memiliki antibodi khusus dan terapi tersebut hanya diterapkan untuk pasien-pasien covid-19 yang memiliki gejala berat bukan untuk pasien covid yang dengan gejala ringan,” jelasnya.

Selain di RSUD Waled, Bupati juga melakukan kunjungan ke dua tempat lainnya yakni ke Desa Jatiseeng Kecamatan Ciledug dan Kec Pabuaran. Acara ketiga kunujungan tersebut selesai sebelum shalat jumat dan berjalan lancar. (crd/jay/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.