Home » Cirebon » Kerja-kerja Nyata Kang Emil dan Forkopimda Jabar di Cimajakuning

Kerja-kerja Nyata Kang Emil dan Forkopimda Jabar di Cimajakuning

KOTA CIREBON – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar melakukan kunjungan kerja ke Cimajakuning (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, dan Kuningan), Minggu (20/9/20).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– dan Forkopimda Jabar menggelar bakti sosial (baksos) dengan membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kunjungan kerja dimulai dari Alun-alun Kasepuhan Kota Cirebon. Di sana, Kang Emil mengatakan bahwa Forkopimda Jabar memiliki kewajiban untuk memonitor pembangunan dan penanganan COVID-19 di 27 kabupaten/kota Jabar. “Ini adalah kewajiban kami selaku Forkopimda Jabar untuk memonitor pembangunan dan penanganan COVID-19 di seluruh wilayah Jawa Barat,” kata Kang Emil dalam sambutannya.

Kang Emil pun meminta pemerintah kabupaten/kota di Jabar untuk terus memperketat penerapan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Selain itu, pemerintah kabupaten/kota diminta meningkatkan pengetesan metode uji usap (swab test) Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Saya titip agar kita tidak mengendorkan ronda. Ibaratnya, ronda itu harus 24 jam. Jika lelah, maling akan masuk. Penanganan COVID-19 seperti itu. Kita tidak boleh lelah untuk mengetes, harus tegas terhadap kerumunan, dan disiplin terapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Menurut Kang Emil, penanganan sektor ekonomi dan kesehatan di tengah pandemi harus berjalan beriringan. Sebab, kedua sektor tersebut sama pentingnya bagi kehidupan masyarakat. Ia pun mengatakan, kegiatan ekonomi harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“COVID-19 mengajarkan, kita tidak bisa hanya mengurusi kesehatan, tetapi juga ekonomi. Karena itu, ekonomi boleh berjalan, asal protokol 3M diterapkan. Ekonomi akan tutup kalau terjadi pelanggaran 3M,” katanya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meminta kepada masyarakat Kota Cirebon untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal itu perlu dilakukan mengingat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Cirebon masih fluktuatif.

“Kata Pak Wali Kota (Cirebon) kondisi penyebaran virus di Kota Cirebon lambat, tapi naik terus. Oleh sebab itu, protokol kesehatan jangan sampai ditinggalkan, yakni 3M jangan sampai dilupakan. Apalagi hingga saat ini vaksin dan obatnya belum ada,” kata Nugroho.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Gubernur dan Forkopimda Jabar. Ia berharap dengan kunjungan kerja tersebut masyarakatnya termotivasi untuk terus melawan COVID-19.

“Kami mengucapkan terima kasih dan dengan perasaan haru Forkompinda Kota Cirebon bahu-membahu memutus mata rantai COVID-19. Kami merasakan kebersamaan yang didukung oleh TNI/Polri dalam menghadapi pandemi ini. Hal ini yang membuat kami merasa tegar dalam menghadapi pandemi,” kata Nashrudin.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan dari provinsi ini menjadi penyemangat kami dan kami berharap masyarakat Kota Cirebon untuk tidak menyerah dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tambahnya.

Setelah dari Alun-alun Kasepuhan Kota Cirebon, Kang Emil dan rombongan mengunjungi The Radiant Hotel, Kabupaten Cirebon, dengan menggunakan sepeda motor.

Dalam kunjungannya, Kang Emil menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. Selain itu, ia pun memberikan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) kepada desa yang berstatus Desa Mandiri.

Kang Emil mengatakan, Maskara diberikan kepada desa berstatus Desa Mandiri untuk memotivasi desa lain di Jabar.

“Mobil ini diberikan kepada desa yang kategorinya desa mandiri, sehingga ini menyemangati agar desa-desa di seluruh Jawa Barat bersemangat naik kelas menjadi Desa Mandiri. Jawa Barat sangat berkomitmen dalam membangun desa,” katanya.

Terdapat tujuh desa di Kabupaten Cirebon yang menerima Maskara, yakni Desa Susukan, Gegesik Kulon, Mari Kangen, Babakan, Ciawigajah, Ciledug Kulon, dan Prajawinangun.

Kang Emil juga menyerahkan Maskara dalam kunjungannya di Gedung Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan. Ada empat desa di Kabupaten Kuningan yang mendapatkan Maskara.

Kunjungan kerja Kang Emil dan Forkopimda Jabar di Cimajakuning berakhir di Desa Bantaragung, Kabupaten Majalengka. Dalam kunjungan tersebut, Kang Emil menyerahkan tujuh Maskara kepada tujuh desa di Kabupaten Majalengka.

Bupati Majalengka Karna Sobahi dalam sambutannya mengatakan, di tengah pandemi COVID-19, Maskara digunakan masyarakat perdesaan untuk mengedukasi dan menyosialisasikan terkait protokol kesehatan.

“Keberadaan mobil ini sangat penting saat ini terlebih dalam rangka memfasilitasi kegiatan masyarakat di bidang sosial dan seni budaya, terlebih pula pada masa pandemi COVID-19 ini dimanfaatkan masyarakat untuk sosialisasi,” kata Karna.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman yang mewakili Ketua DPRD Jabar mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar dalam menangani COVID-19 dan membangun desa.

“Kami juga mendukung dengan baik dari DPRD upaya pemerintah provinsi untuk membangun desa. Kami sangat setuju bagaimana Pak Gubernur memiliki perhatian lebih kepada desa, karena yang namanya Jawa Barat ini desa besar. Di Jawa Barat ini ada 5.312 desa,” ucap Bedi.

“Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat langkah-langkahnya sangat sistematis berdasarkan riset (dalam menangani COVID-19),” imbuhnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jabar Irjen Pol. Rudy Sufahriadi dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar Ade Adhyaksa. (red/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*