Home » Bandung » Aher: Jabar Sudah Rindu Juara PON

Aher: Jabar Sudah Rindu Juara PON

BOGOR – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, selaku Ketua Umum PB PON XIX Jabar 2016, mengajak seluruh masyarakat Jabar termasuk juga masyarakat Bogor untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan PON XIX dan mewujudkan tekad Jabar Kahiji (Juara Umum). Karena sudah cukup lama Provinsi Jabar tidak meraih Juara Umum PON.

“Provinsi Jawa Barat meraih juara umum pada tahun 1961 atau 53 tahun silam, yang waktu itu pelaksanaannya juga di Jabar. Untuk itu, kini Jabar kembali menjadi tuan rumah PON, maka kita bulatkan tekad untuk merebut kembali juara umum yang sudah sangat kita rindukan bersama,” ajak Gubernur Jabar Aahmad Heryawan dihadapan ribuan masyarakat Bogor dan sekitarnya yang sengaja datang untuk meyaksikan rangkaian kegiatan acara hitung mundur 555 hari jelang PON XIX Jabar 2016, dilapangan Sempur, Kota Bogor, Minggu (15/3).

“Terakhir Jawa Barat menjadi tuan rumah PON V tahun 1961, tepatnya 53 tahun silam. Oleh karena itu, tekad Jawa Barat pada PON 19 tahun 2016 nanti, sebagai tuan rumah Jawa Barat sabisa-bisa Insya Allah pasti menjadi juara umum,” ujar disambut aplus dan teriakan “Siappp’ dari warga. Pada PON V tahun 1961 tersebut, Jawa Barat berhasil meraih juara umum untuk yang ketiga kalinya setelah PON II dan III.

Pada PON XVIII/2012 di Riau, Jawa Barat hampir menjadi juara umum dengan hanya terpaut beberapa mendali dengan DKI Jakarta. Dan untuk suksesnya penyelenggaraan PON XIX/2016, Jawa Barat pun mencanangkan catur atau empat sukses PON, yaitu: sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi masyrakat, dan sukses administrasi, dengan Kujang sebagai Logo dan Mang Surili sebagai maskotnya. Melalui catur sukses ini Jabar bertekad pula untuk menjadi penyelenggara terbaik PON.

PON XIX/2016 akan mempertandingkan 43 cabang olahraga yang diikuti 34 provinsi, dengan memperebutkan 750 medali emas, 750 medali perak, dan 962 medali perunggu. Atlet yang ikut berpartisipasi pada PON yang digelar tanggal 9-21 September 2016 ini sebanyak 8.223 orang. Jabar sendiri akan menyiapkan kurang lebih 600 atlet dan 200 orang lebih official. Sedangkan official, panel, tamu, serta panitia yang akan hadir kurang lebih 13.000 dan akan melayani 3.000 lebih wartawan cetak maupum elektronik. Pelaksanaan pertandingan akan digelar di lokasi venue yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Jawa Barat, yaitu: Kota Bandung, Bekasi, dan Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Pangandaran, Cirebon, Subang, Sumedang, Purwakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Karawang.

Sementara itu, dalam acara 555 hari jelang PON XIX Jawa Barat 2016 di Lapangan Sempur digelar berbagai kegiatan seperti lomba menggambar bernuasa PON, serta ada pula booth wall of spirit berupa kain sepanjang 12 meter. Pada kain ini, Gubernur Ahmad Heryawan serta warga Bogor yang hadir membubuhkan tandatangan serta kesan-pesan seputar PON. Ada pula wall of fame dimana warga dapat berfoto dengan latar belakang gambar dan tulisan 555 hari jelang PON XIX Jawa Barat 2016. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh sejumlah tarian tradisional Jabar serta penampilan beberapa artis ternama.

Acara ini turut dihadiri Ketua Komisi I, III, dan V DPRD Jabar, PB PON XIX/2016, Ketua KONI Jabar dan jajajrannya, para Asisten Daerah Setda Provinsi Jabar, Para Pimpinan SKPD/OPD, Walikota dan Wakil Walikota Bogor serta jajarannya, Ketua DPRD Kota Bogor, Bupati Kab. Bogor, Ketua DPRD Kab. Bogor, Walikota Sukabumi, Bupati Kuningan, Wakil Bupati Garut, perwakilan pemda kabupaten/kota di Jabar, serta ribuan masyarakat dari Kota dan Kabupaten Bogor. (jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.