Home » Uncategorized » Pembangunan 99 Miniatur Masjid, Telan Dana 6 Triliun

Pembangunan 99 Miniatur Masjid, Telan Dana 6 Triliun

BOGOR – Tidak lama lagi di Jawa Barat tepatnya di Kab Bogor akan berdiri sebanyak 99 miniatur masjid dunia dan satu masjid agung.  Pembangunan masjid tersebut akan berdiri dilahan seluas 215 Hektar. Sehingga nanti akan dijadikan daerah destinasi wisata religius yang bernuansa islami. Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di lokasi 215 Ha tersebut akan dibangun Masjid Agung yang mampu menampung sekitar 250 ribu jema’ah. Sedangkan disekelilingnya akan berdiri sebanyak 99 masjid-masjid miniatur dunia atau Blue Musque yang mampu menampung sekitar 200 jema’ah.

Blue Mosque tersebut akan dibangun sedemikian rupa sehingga mirip sekali dengan masjid asli dari berbagai negara di dunia namun dalam sekala kecil. Seperti, Masjid Nabawi, Masjidil Harom, Masjid Al’ Aqso, Masjid Kordopa,  dan sebagainya, ujar Gubernur Aher  didampimgi Hartono Limin dan Kabiro HPU Setda Jabar Rudy Gandakesumah kepada Wartawan.

Dikatakan, karena akan dijadikan sebagai pusat wisata tentunya akan dibangun juga berbabagai fasilitas sebagai tempat layanan publik, seperti Kuliner, Supenir.   Sehingga para wisatawan yang berkunjung kesana selain fresh juga dapat menjalankan ibadah menambah ketaqwaan iman. Sementara itu, Hartono Limin mengatakan, ide pembangunan 99 miniatur masjid dunia bukan datang dari dirinya tapi merupakan sebuah amanah yang datangnya dari Allah SAW. Termasuk juga, kenapa lokasinya di Bogor, itu juga dia dapatkan saat melakukan solat istiqoroh.

“Kita sudah siapkan lahan seluas 215 Ha, dan kini tengah dipersiapkan semua perijinan dan persyaratan administrasinya sampai pada master plan dan RAB-nya. Bahkan berdasarkan saran dari para sesepuh islam baik di Indonesia maupun dari Timur Tengah mengatakan, pembangunan harus dapat selesai paling lama 4 tahun ”, ujar Hartono Limin yang mengaku dirinya masuk Islam (mualaf) baru 3 tahun silam.

Menurut Hartono  biaya yang dibutuhkan untuk membangun Taman Komplek Miniatur diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 6 triliun lebih.  Cukup besarnya dana yang dibutuhkan, makan dia akan bekerjasama dengan investor dari asing, seperti dari Arab Suadi, Katar, Yordania. Adaupun tujuan pembangunan 99 minitur masjid tersebut adalah untuk melestarikan budaya islam sedunia dalam bentuk arsitektur. Kita juga akan banguan tempat jualam kuliner dan supenir yang bercirikan asli dari nagara dimana masjid tersebut berada. Kita juga akan siapkan pelayan-pelayan yang ramah dan lemah lembut, karena islam itu tidak identik dengan kekerasan.

Selain itu, di komplek Taman Miniatur Masque tersebut, akan dibangun juga perpustakaan, Pesantren, Perguruan Tinggi Islam Internasional,  Rumah Sakit dan fasilitas publik lainnya yang kesemua itu nanti akan ditangani oleh Yayasan Amanah Kita. “Mohon doa dan dukungan moril dari seluruh warga Jawa Barat, agar rencana pembangunan Taman Miniatur Musque ini dapat terealisasikan, demi kemajuan ummat Islam,” harapnya. (mon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.