Home » Cirebon » Pantau Lalin, Dishub Jabar akan Pasang 35 CCTV di Jalur Mudik

Pantau Lalin, Dishub Jabar akan Pasang 35 CCTV di Jalur Mudik

KEDAWUNG- Untuk mengantisipasi kemacetan pada saat arus mudik 2015 mendatang, Dinas perhubungan Provinsi Jawa Barat akan memasang sedikitnya 35 unit Closed – Circuit Television (CCTV) di sepanjang jalur utama Jawa Barat, baik Jalur Pantura, Tengah maupun Jalur Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat, Deddy Taufik, mengatakan, untuk rambu-rambu yang berkaitan dengan fasilitas lalulintas angkutan jalan, di Jalur utama baik di Pantura, Tengah maupun Selatan, akan kita pasang CCTV, total yang akan dipasang oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat itu ada sekitar 35 titik.

Dikatakan Deddy, untuk jalur tengah, titik yang akan di pasang CCTV ini adalah di Daerah Ciawi Gebang Bekasi, didaerah Cisarua juga akan dipasang CCTV, selain iu juga untuk jalur tengah di daerah Padalarang, Sumedang, Kadipaten hingga di daerah Plumbon Cirebon.

“Sedangkan untuk Jalur Utara, daerah-daerah yang akan dipasang CCTV adalah, Sadang, Jomin, Pamanukan, Losarang dan juga Palimanan, serta ada beberapa daerah lain yang akan kita pasang CCTV, sedangkan untuk jalur selatan CCTV yang akan dipasang yakni di daerah Nagrek, Limbangan, simpang tiga Pamoyangan, hingga Garut,” katanya.

CCTV yang dipasang pihaknya ini menurut Deddy, adalah dalam rangka melakukan antisipasi kemacetan dengan jarak jauh, sehingga dalam implementasinya akan dilakukan rekayasa-rekayasa managemen lalulintas.

“Hingga saat ini baru 15 CCTV yang dipasang dan mudah-mudahan menjelang mudik ini kita targetkan sebelum H-15, 35 titik CCTV sudah terpasang semu, dan semua CCTV ini nantinya juga akan bisa diakses melalui internet,” katanya.

Disinggung mengenai PJU yang ada sepanjang jalur Pantura Jawa Barat, Deddy mengatakan, pihaknya sejauh ini sudah melakukan survey dan ada beberapa PJU yang sudah terpasang. Namun karena jalur Pantura ini merupakan Jalur Nasional, maka pihaknya sudah mengusulkan ke pemerintah Pusat untuk penambahan PJU di Pantura ini.

“Untuk Jalur Nasional, maka pemasangan PJU nya akan dipasang oleh pemerintah Pusat, dan untuk Jalur Provinsi, PJU nya sudah kita pasang dan sudah dilakukan pemeliharaan, dan yang paling penting H-15 semua PJU harus sudah nyala semua,” katanya. (add)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.