Home » Tasikmalaya » Garut » Peringati HUT, Kejaksaan Garut Gelar Aneka Lomba

Peringati HUT, Kejaksaan Garut Gelar Aneka Lomba

GARUT – Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-55 tahun ini menjadi momentum bagi Kejaksaan Negeri Kabupaten Garut dalam meningkatkan integritas, profesionalitas serta peran kejaksaan dalam memecahkan berbagai persoalan-persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Salah satu cara yang dilakukan lembaga penegak hukum dalam melakukan peningkatan kinerjanya ini adalah dengan menggelar Pekan Olahraga Kejaksaan (POK). Kegiatan POK di kejaksaan ini sebagai salah satu kegiatan memperingati HBA ke 55, sekaligus memperingati Hari Ikatan Adyaksa Dharmakarini (IAD) ke 15. Acara ini berlangsung di seluruh lembaga kejaksaan di Indonesia.

Kepala Kejari Garut, Sapto Subroto SH, melalui Kasi Intelejen Kejari Garut, Hery Somantri SH kepada wartawan mengatakan, memperingati HBA ke 55 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan jajaran Kejaksaan setiap tahun. Mulai dari Kejaksaan Agung (kejagung), Kejaksaan Tinggi (kejati) dan Kejaksaan Negeri di kabupaten/kota. “Kejari Garut mungkin menjadi kota yang terakhir di Jawa Barat melaksanakan kegiatan POK, karena di daerah lain kegiatan seperti ini sudah terlaksana terlebih dahulu. Tapi Alhamdulillah, kita sudah menyiapkan agenda kegiatan-kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa,” ujar Hery kepada wartawan.

Pria asal Ciamis ini menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati HBA ada yang bersifat wajib dan tambahan. Kegiatan wajibnya adalah dengan melaksanakan upacara peringatan HBA dan melakukan ziarah ke taman makam pahlawan. “Kegiatan wajibnya akan dilaksanakan tanggal 22 Juli mendatang,” ujar Hery. Menurut Hery, melalui HBA ke 55 tahun ini kejari Garut melakukan berbagai terobosan. Selain akan melaksanakan kegiatan wajibnya, Kejari Garut juga akan melaksanakan berbagai kegiatan bhakti social dan berbagai perlombaan olahraga. “Kejaksaan Garut akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial ke Empat panti asuhan serta satu pesantren. Rencananya Kejari Garut dengan dipimpin langsung pak Kajari akan mendatangi langsung panti asuhan dan pesantren untuk memberikan bantuan,” katanya.

Hery menambahkan, waktu pelaksanaan POK akan dilakukan sebelum puasa Ramadhan tahun 2015. Beragam kegiatan telah dilaksanakan Kejari Garut sejak hari pembukaan POK yang dilaksanakan hari Selasa, tanggal 9 Juni lalu sampai dengan hari Minggu (14/06/2015). “Alhamdulillah kami sukses menggelar berbagai perlombaan seperti lomba menangkap belut, main catur, pingpong, lomba mincing dan lainnya. Sedangkan kegiatan penutup dilaksanakan olahraga jalan sehat, yang lokasinya digelar di perkebunan Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilawu, hari Minggu tanggal 14 Juni lalu.

Kegiatan POK ini diikuti oleh pegawai kejaksaan beserta keluarga. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di kantor Kejari Garut dan beberapa tempat di wilayahGarut. Sedangkan kegiatan jalan sehat sengaja dilaksanakan di Dayeuh Manggung, karena tempatnya memang nyaman dan asri.

Selain melaksanakan POK di internal KejariGarut, Kasi Intel kejari Garut yang mudah akrab dengan para kulit inta ini mengaku telah mengagendakan untuk menggelar perlombaan olahraga tenis lapangan, dengannama Kejari Cup. “Untuk olahraga ini, kami buka untuk umum,” imbuhHery. Hery berharap, melalui kegiatan POK, Kejaksaan akan lebih mendekatkan diri dengan elemen masyarakat serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat tentang peranan institusi Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum. “Kami ingin masyarakat bisa lebih dekat dan percaya terhadap kinerja Kejaksaan dalam menegakan proses hukum,” paparnya.

Sebelumnya, pembukaan POK dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri(Kajari) Garut, Sapto Subroto SH, di halaman Gedung Kejaksaan Garut, Selasa (09/06/2015) lalu. Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis, pejabat tertinggi di Kejari Garut ini didampingi seluruh jajaran dan ibu-ibu Dharmakarini Kejari Garut menerbangkan balon-balon gas warna-warni, sebagai tanda kegiatan POK dalam rangka memperingati HBA ke 55 resmi dibuka. Usai dilaksanakannya upacara pembukaan POK, acara langsung dilanjutkan dengan perlombaan diantaranya ada lomba tenis meja, catur dan lomba menangkap belut. Acara Nampak berlangsung meriah dan semua keluarga besar Kejaksaan pun terlihat merasa gembira dan antusias dengan perlombaan tersebut. “Alhamdulillah, selama pelaksanaan POK semua kegiatan berjalan sempurna. Semua pegawai kejaksaan dan keluarga merasa terhibur,” tambah Hery. (sep/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.