Home » Cirebon » Lahan Produktif di Cirebon Dialih Fungsikan jadi Kandang Ayam

Lahan Produktif di Cirebon Dialih Fungsikan jadi Kandang Ayam

CIREBON – Tanah produktif seluas 7000 M² milik H. Aminudin warga Bakung yang terletak di Desa Panguragan Lor Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, akan dialih fungsikan menjadi kandang ayam ras.

Ketua Gapoktan Pringgandani H. Farihin, yang mendengar isu tanah produktif di Desa Panguragan lor Kecamatan Panguragan akan dialih fungsikan sebagai kandang ayam ras, kontan menanggapinya serius.

” Saya sudah kirim surat 2 kali ke Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan (Distanbunnakhut). Surat yang pertama isinya agar dinas melakukan peninjauan kembali. Dan surat yang kedua adalah menyerahkan isu ini sepenuhnya ke dinas, karena ketua gapoktan tidak ada kebijakan untuk mengambil sikap,” tururnya kepada sejumlah awak media sembari menunjukkan lokasi pembangunan kandang ayam ras, Senin (3/8).

Mengapa sampai melayangkan surat ke Distanbunnakhut segala, kata dia, minimalnya dengan melayangkan surat ke dinas agar dinas tersebut bisa meninjau lokasi dan mengkaji ulang pembangunan kandang ayam ras tersebut. Karena berkaca setelah melihat aktivitas kandang ayam yang sudah beroperasi di desa panguragan wetan dan dampaknya itu sangat terasa terutama bagi padi-padi di sekelilingnya.

” Dampaknya, hasil pembuangan kotoran ayam berikut airnya suatu saat pasti akan di alirkan ke irigasi sawah. Yang sudah-sudah kalau air itu terkena kaki dampaknya kaki tersebut akan terasa gatal, apalagi untuk pengairan sawah, nasib padi nantinya gimana,” terangnya.

Pihaknya memohon kepada dinas terkait agar mepertimbangkan kembali rencana pembangunan kandang ternak ayam ras tersebut. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*