Home » Cirebon » Bagus Rangin Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

Bagus Rangin Diusulkan jadi Pahlawan Nasional

MAJALENGKA – Adanya seminar nasional tentang pengusulan nama Bagus Rangin untuk dinobatkan sebagai pahlawan nasional di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Majalengka yang berlangsung pada Sabtu (5/9) disebut-sebut erat kaitannya dengan wacana provinsi Cirebon, hal ini langsung ditepis oleh Anggota DPR RI yang hadir di tempat itu, sekaligus penggagas adanya seminar nasional tersebut.

Politisi asal kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, TB Hasanudin mengatakan bahwa seminar tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan wacana Provinsi Cirebon.

“Tidak ada kaitannya sama sekali dengan wacana Provinsi Cirebon, ini murni untuk memperjuangkan nama Bagus Rangin untuk segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional, karena beliau sudah memperjuangkan rakyatnya pada waktu melawan kolonial Belanda,” tandasnya kepada puluhan rekan media.

Sementara itu seminar nasional ini menghadirkan sejumlah profesor seperti Profesor Dr. Nina Herlina Lubis, M.S, Prof. Dr. Djoko Marihandono, R. Ahmad Opan Safari Hasyim, M. Hum dan Supali Kasim, M. Pd.

Seminar ini pun dihadiri oleh para penggiat seni dan budaya se-wilayah 3 Cirebon. Termasuk mantan Bupati Kuningan H Aang Hamid Suganda. Seminar yang dibuka oleh Bupati Majalengka H Sutrisno SE MSi ini rupanya banyak mengundang hampir semua kalangan. Bahkan tak cukup untuk menampung undangan yang lebih dari 250 orang. Pihaknya menyambut baik, bahkan setuju jika nama Bagus Rangin ditetapkan sebagai pahlawan nasional. (nay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*