Home » Headline » Dibuat “Melayang” di Dumay, Sejumlah TKW Ketipu “Pilot Ganteng”

Dibuat “Melayang” di Dumay, Sejumlah TKW Ketipu “Pilot Ganteng”

PENING kepala Barbie. Itulah yang dialami sejumlah Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bekerja di Taiwan. Betapa tidak, uang hasil keringat kerja bertahun-tahun di negeri orang, tak bisa dinikmatinya, lantaran ketipu “pilot ganteng” di jejaring sosial Facebook (FB). Kerugiaan para korban, tak tanggung-tanggung. Ada yang puluhan juta, bahkan ada yang sampai pada angka Rp175 juta.

Wajah si "pilot ganteng"

Wajah si “pilot ganteng”

Modusnya, berpura-pura menjalin hubungan istimewa dengan korban (TKW). Si penipu, tentu saja memasang foto seorang pilot berwajah ganteng. Tak hanya itu, dalam akun FB-nya itu, si “pilot ganteng” juga memasang beberapa foto dan berinteraksi dengan sejumlah rekannya. Seolah dalam FB itu, si “pilot ganteng” benar-benar nyata.

Kemudian, dia (Pilot ganteng), merayu si korban (TKW) dengan dalih cinta, sayang dan akan menikahinya. Tapi untuk menikah itu, dia perlu modal. Dan modal untuk nikah itu, kemudian “meminjam” pada para korbannya (TKW).

“Siapa yang gak terbuai oleh wajah ganteng, kemudian pekerjaannya pilot. Ya saat dia menyatakan cinta dan mau serius menikah dengan saya, ya percaya aja. Dia juga tiap hari nelpon saya,” ujar salah satu korban (TKW), yang namanya enggan dipublikasikan, kepada Jabar Publisher.

Menurut korban, nama akun FB si “pilot ganteng” adalah Anggara Putra. Korban sendiri awalnya tak menyangka kalau jalinan kasihnya di dunia maya (dumay) dengan “pilot ganteng” harus berakhir tragis.

“Hari-hari saya bersama dia begitu indah. Meski hanya di dumay tapi seperti yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Bahkan, saya sudah memberitahukan kepada teman-teman, saudara dan orang tua, kalau saya dapat pacar seorang pilot dan akan menikah,” lanjutnya.

KTP si "pilot palsu"

KTP si “pilot palsu”

Korban yang satu ini mengaku kalau dirinya kena tipu puluhan juta rupiah. Sementara korban lainnya, masih TKW yang bekerja di Taiwan, mengaku kena tipu sebesar Rp175 juta. “Sama mas, dia ngakunya pilot. Wajahnya ganteng banget. Dia juga pura-pura pacaran dengan saya dan akan menikahi saya. Dia kemudian minta uang buat berobatlah, buat biaya nikah, dan apa saja, hingga kalau ditotal sebesar Rp175 juta,” katanya.

Tak hanya itu, masih kata korban, untuk meyakinkannya, si “pilot ganteng” juga memperlihatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Pilot dan slip gajinya lewat FB. (bay)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*