Home » Cirebon » Puluhan Tahun Warga Blok Cikuya “Kegelapan”, Kelurahan Baru Mengajukan Pemasangan Listrik Tahun 2014

Puluhan Tahun Warga Blok Cikuya “Kegelapan”, Kelurahan Baru Mengajukan Pemasangan Listrik Tahun 2014

CIREBON РTernyata, pengajuan permohonan pemasangan listrik untuk warga Blok Cikuya RW 09 Kelurahan Sumber Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, baru pada tahun 2014 lalu dilakukan pihak Kelurahan Sumber. Seperti diketahui, warga tersebut puluhan tahun belum pernah merasakan nikmatnya aliran listrik. Padahal, lokasinya tidak jauh dari Kantor Bupati Cirebon.

Ditemui di ruang kerjanya, Lurah Sumber Budi Kuswara menuturkan, pihaknya sudah mengusulkan proposal pengajuan pemasangan listrik untuk seluruh warga diKelurahan Sumber melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) tahun 2014. Pihaknya mengajukan 52 unit rumah untuk dipasangkan listrik.

“Kita sudah mengajukan proposal lewat musrenbang tahun 2014. Mudah-mudahan tahun ini (2015,red) direalisasikan,” terangnya kepada Jabar Publisher, Senin (14/9).

Dari 52 rumah tersebut yang belum mendapatkan pasokan listrik tersebar di berbagai RW diantaranya di RW 02, 03, 04, 06, 09 dan 10 Kelurahan Sumber.

“Memang masih banyak yang belum mendapatkan pasokan listrik. Makanya kita akan terus berusaha untuk mengusahakan pasokan listrik ke sejumlah RW yang belum mendapatkannya,” katanya.

Terpisah Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Pertambangan (PSDAP) Kabupaten Cirebon, Sujiman mengatakan, dari keseluruhan Kabupaten Cirebon yang sudah mengajukan proposal bantuan listrik gratis baik dari bantuan Provinsi Jawa barat maupun Kabupaten Cirebon sebanyak 269 Desa dari 412 desa12 kelurahan.

“Dari 269 desa tersebut ada 30.855 proposal yang sudah masuk dan yang sudah di realisasikan mulai dari tahun 2006 hingga sekarang sebanyak 13.773 sisanya yang sedang dilaksanankan sebanyak 17.082 oleh Provinsi dan Kabupaten,” ujarnya.

Khusus untuk Kecamatan Sumber, kata Sujiman, semenjak tahun 2007 hingga sekarang, Kecamatan Sumber mengajukan 113 unit namun yang sudah terealisasi melalui bantuan dari anggaran Kabupaten Cirebon sebanyak 75unit. Itupun pengajuan hanyak sekali-kalinya terakhir tahun 2007 saja.

“Tahun sekarang yang akan mendapatkan bantuan listrik gratis yakni Kelurahan Babakan 26 unit, kelurahan Perbutulan 30 unit, Kelurahan Tukmudal 15 unit, Kelurahan Kenanga 12 unit, Kelurahan Sendang 12 unit, Kelurahan Kemantren 9 unit, dan Kelurahan Gegunung 9 unit,” jelasnya.

Sedangkan kalau sesuai Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2016 yang bakal mendapatkan pasokan listrik gratis dari Pemerintah adalah Kelurahan Gegunung, Kelurahan Kaliwadas dan Kelurahan Pejambon sebanyak 125 unit. (gfr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*