Home » Cirebon » Danramil 2005/Babakan: Jaga Kondusifitas Pilwu Lewat Pendekatan Masyarakat

Danramil 2005/Babakan: Jaga Kondusifitas Pilwu Lewat Pendekatan Masyarakat

MENJAGA stabilitas dan kondusifitas suatu wilayah, bukanlah pekerjaan mudah. Seperti yang diakui salah seorang perwira TNI yang merupakan Komandan Koramil 2005/Babakan, Kapten Inf Mukmin. Saat berbincang dengan Jabar Publisher, kemarin, Danramil yang bersahaja dan ramah ini mengungkapkan, perlu kehati-hatian dan ekstra fokus untuk menuju sukses stabilitas dan kondusifitas wilayah tersebut. Terlebih, saat ini wilayah yang dipimpinnya tengah menghadapi hajatan demokrasi, pemilihan kuwu serentak.

“Tingkat kehati-hatian sangat diperlukan. Terlebih saat ini kita menghadapi pemilihan kuwu serentak. Dimana tingkat gangguan terhadap kondusifitas lebih besar,” ujarnya.

Salah satu cara yang dilakukan, kata dia, adalah dengan melakukan pendekatan terhadap masyarakat. “Dengan pendekatan itu, kita bisa menyisipkan sosialisasi juga ajakan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dari hal-hal yang bisa mengganggu kondusifitas dan stabilitas wilayah. Perlu juga ada sentuhan dan rangkulan, selain pemahaman terkait sanksi bagi pembuat onar dan pengganggu stabilitas serta kondusifitas,” lanjutnya.

Jelang pelaksanaan Pilwu serentak yang digelar di Kabupaten Cirebon 25 Oktober mendatang, ayah dari tiga anak ini, menambah intensitas kunjungan ke desa-desa yang penyelenggara Pilwu di wilayah kerjanya, Kecamatan Babakan dan Gebang. “Ada empat desa di wilayah kerja saya yang menyelenggarakan Pilwu. Tentunya saya pun harus intens berkunjung ke desa-desa tersebut. Terlebih nanti jelang beberapa hari pelaksanaan,” ucapnya.

Selain datang langsung ke desa-desa penyelenggara Pilwu dan melakukan pendekatan kepada warga desa setempat, perwira yang baru menjabat 11 bulan di Koramil 2005/Babakan ini juga merekatkan koordinasi dengan pihak pemerintahan desa, kecamatan juga polsek setempat. “Dengan koordinasi yang baik, segala pekerjaan hasilnya akan baik pula,” katanya. (crd)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*