Home » Nasional » Ini Hasil Investigasi Lion Air Terkait “Pilot Mendesah” dan “Layanan Pramugari”
Lion Air's 7,370th 737 at Boeing Field in Seattle, WA. K65772-02

Ini Hasil Investigasi Lion Air Terkait “Pilot Mendesah” dan “Layanan Pramugari”

JAKARTA – Maskapai penerbangan Lion Air merilis hasil investigasi internal terkait laporan penumpang pesawat JT 990 tujuan Surabaya-Denpasar pada 14 November 2015 yang mengaku mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari pilot.

Meskipun tidak menjelaskan secara detail, hasil investigasi tersebut mengungkapkan, pengumuman itu dilakukan oleh kopilot pesawat tersebut bukan pilot. Dan diklaim dalam rangka mengucapkan selamat ulang tahun kepada salah satu awak kabin.

“Terdapat pelanggaran prosedur announcement oleh kopilot berupa ucapan selamat ulang tahun kepada salah satu awak kabin,” ujar Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, dalam keterangannya yang diterima Rabu 18 November 2015.

Dia pun menegaskan, kopilot yang saat itu bertugas tidak dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh narkoba seperti yang diberitakan dan dalam keadaan sehat wal afiat. Hal ini diperkuat oleh kesaksian dari pilot serta awak kabin yang lain.

Terkait dengan adanya suara mendesah yang dimaksud, ditegaskan bukan seperti yang diberitakan. Namun ketika kopilot melakukan pengumuman, nafasnya seperti tersengal sengal karena memang cara bicaranya seperti itu.

“Kemudian posisi mic pada saat itu terlalu dekat dengan bibir sehingga pada saat menarik nafas atau pada saat mau berbicara terdengar seperti desahan,” tambahnya.

Baca juga: Mendesah-desah di Pesawat, Pilot Lion Kena Sanksi

Dia menegaskan, atas pelanggaran prosedur pengumuman tersebut maka kopilot telah diberikan sanksi berupa hukuman tidak boleh terbang (grounded) dalam periode yang tidak ditentukan. (vvn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.