Home » Karawang » Gebang Karawang » Ada Hujan Es di Pelosok Karawang, Puluhan Rumah juga Hancur akibat Hujan itu

Ada Hujan Es di Pelosok Karawang, Puluhan Rumah juga Hancur akibat Hujan itu

KARAWANG – Hujan es terjadi di salah satu pelosok di Kabupaten Karawang. Tentu saja, peristiwa itu bikin geger warga. Hujan yang terjadi pada Senin (30/11/2015) sore itu juga disetai angin besar.

Kades

Kades

Informasi yang diterima, hujan es terjadi sekitar jam 16:40 WIB sampai 16:50 WIB di dusun Parakan Badak dan dusun Cijati Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Menurut Kepala Desa Mekarbuana Jaji Maryono, sore kemarin Senin (30/11) Desa Mekarbuana telah dilanda hujan es serta angin topan. Peristiwa itu menghancurkan puluhan rumah dan tanaman pohon warga.

“Ya benar kemarin sore telah terjadi angin topan dan hujan es, anak saya saja setelah hujan es mengumpulkan batu es dengan ukuran kecil sampai satu gelas,” Katanya kepada awak media, Selasa (1/12).

Kemudian akibat terjadi bencana tersebut rumah warga banyak yang rusak dan gentengnya banyak yang berterbangan, di taksir kerugian mencapai puluhan juta rupiah.” Sekitar 87 rumah dari 5 Rt rusak berat, hampir setiap rumah genteng yang berterbangan sekitar 500 genteng yang terbang,” terangnya.

Belum lagi kerugian pohon warga yang tumbang akibat diterjang angin topan dan itu juga di taksir puluhan juta kerugian warga, yang anehnya lagi angin topan dan hujan es itu terjadi hanya di dua dusun saja di desa lain tidak ada.” Pohon yang tumbang seperti pohon sengon, pete, durian, mangga dan pohon rambutan,” ujarnya.

Dikatakannya bahwa memang  hampir tiap tahun sering terjadi bencana seperti ini. Kalau bencana longsor si tidak ada.” Kami setiap rapat minggon desa sering sampaikan sosialisasi terkait antisipasi bencana yang sering melanda di daerah kami,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah melakukan pelaporan ke dinas sosial kabupaten karawang, bahwa di daerahnya kemarin telah terjadi bencana angin topan dan hujan es yang mengakibatkan kerugian warga.” Tadi pagi saya sudah lapor ke dinas sosial kabuapaten tapi kalau lapor ke BPBD saya belum,” pungkasnya. (plz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*