Home » Cirebon » KPU Indramayu Tetapkan Pasangan ANDI Pemenang Pilkada 2015

KPU Indramayu Tetapkan Pasangan ANDI Pemenang Pilkada 2015

INDRAMAYU – Sehari setelah putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, langsung menggelar rapat pleno penetapan pemenang Pilkada setempat, Sabtu (23/1/2016). Hasilnya, menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Anna Sophanah-Supendi (ANDI) sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Indramayu terpilih periode 2016-2020.

Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan KPU Nomor: 02/Kpts/KPU-Kab/Im.011.329110/I/2016 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2015, yang dibacakan di Aula KPU Indramayu.

Komisioner KPU Indramayu, Madri menjelaskan, penetapan tersebut dilandasi atas dasar berita acara, tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati (model DB-KWK), yang disahkan oleh KPU Kabupaten Indramayu. Sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati (model DBI-KWK) yang disahkan KPU Indramayu, keputusan kpu Nomor : 02/Kpts/KPU-Kab/Im.011.329110/I/2016 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2015 dan hasil putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia nomor 125/ PHP.BUP-XIV/2016 tanggal 22 Januari 2016.

“Setelah ini kami akan melaporkan ke DPRD Indramayu bahwa Pilkada Indramayu sudah selesai agar segera dilakukan pelantikan, dan berdasarkan informasi dari Kemendagri kemungkinan pelantikan akan dilaksanakan pada bulan Februari atau Maret 2016,” ujarnya.

Selain mengukuhkan kemenangan pasangan calon bupati-wakil bupati Hj. Anna Sophana-H Supendi (ANDI), rapat pleno juga akan menyampaikan risalah keputusan hakim MK yang memenangkan KPU selaku tergugat.

Seluruh paslon dan tim suksesnya diundang dalam rapat pleno tersebut. Baik paslon dan tim ANDI, maupun lawannya, paslon Toto Sucartono-H Rasta Wiguna (TORA). Selain itu Panwaslu, unsur Muspida seperti Kapolres, Dandim, Kajari hingga Ketua Pengadilan Negeri.

“Sesuai jadwal, rapat pleno digelar jam 10. Semua kami undang, baik paslon ANDI maupun TORA,” ucap Ir. Madri, Komisioner KPU.

Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KPU, M Hadi Ramdhan didampingi seluruh komisioner yang berjumlah lima orang. Diundang pula pihak kuasa hukum baik dari KPU, paslon ANDI maupun TORA.

“Agendanya penetapan pemenang pilkada. Ini harus segera dilakukan, untuk mengejar target sampai ke pelantikan. Jika sudah sampai ke pelantikan, maka tuntas sudah tugas KPU dalam pilkada tahun 2015 ini,” tegas Madri.

Dari pantauan, memasuki pukul 09.00 WIB, para undangan sudah mulai hadir. Sementara itu, di luar KPU, puluhan anggota polisi melakukan penjagaan untuk mengantisipasi gangguan keamanan selama proses rapat pleno berlangsung.

Sementara itu, Kapolres Indramayu, AKBP Wijonarko mengatakan mulai dari tahapan Pilkada sampai sekarang, masih dalam keadaan aman. Kegiatan rapat pleno terbuka penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada Indramayu berjalan dengan lancar, agar dipertahankan kondusifitas tersebut.

“Kami pun menghimbau kepada Bupati dan Wakil Bupati serta tim sukses terpilih agar tidak melakukan euforia yang berlebihan, dan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati yang saat ini tidak terpilih agar menerimanya,” katanya. (jat)

 

Aen

 

(Dwi Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.