Home » Dunia » WNI yang Ditangkap di Arab Saudi karena Terlibat Terorisme, Ternyata Warga Jawa Barat

WNI yang Ditangkap di Arab Saudi karena Terlibat Terorisme, Ternyata Warga Jawa Barat

KABAR mencengangkan! Ternyata, WNI yang ditangkap di Arab Saudi karena terlibat terorisme, adalah warga dari salah satu daerah di Jawa Barat. WNI itu berinisial AB.

“Kami melakukan penelusuran secara intensif ke seluruh otoritas terkait di Arab Saudi. Dari hasil penelusuran tersebut diperoleh informasi, memang ada seorang WNI yang ikut ditangkap. WNI itu berinisial AB, asal daerah di Jawa Barat,” ujar Wakil Duta Besar RI di Riyadh, Sunarko, Selasa (2/2/2016).

KBRI Riyadh, jelas dia, kini tengah mengecek data Imigrasi WNI tersebut. Dari data awal yang kami peroleh dari pihak Arab Saudi kami melakukan penelusuran lebih lanjut ke SIMKIM yang dikelola imigrasi Indonesia untuk mendapatkam detil dari yang bersangkutan.

Berdasarkan data yang ada, tambah dia, WNI yang ditangkap di Arab Saudi tersebut masuk ke Arab Saudi pada tahun 2014 untuk bekerja di sebuah perusahaan konstruksi. “Kemlu Arab Saudi akan menyampaikan notifikasi resmi mengenai penangkapan tersebut sesegera mungkin kepada KBRI. Atas dasar notifikasi resmi tersebut kami akan meminta akses kekonsuleran untuk menemui AB,” tambahnya.

KBRI menegaskan akan memberikan kerjasama yang dibutuhkan oleh Pemerintah Saudi dalam uoaya investigasi. Pada saat yang sama KBRI juga akan memastikan bahwa hak-hak hukum AB dipenuhi sepanjang proses hukum.

Sejak pertamakali munculnya pemberitaan di surat kabar Saudi Gazette (31/1/2016), Menlu Retno telah meminta KBRI Riyadh untuk terus mencari informasi dan klarifikasi atas pemberitaan di surat kabar Saudi Gazette. Di media itu diungkap mengenai penangkapan 33 orang yang diduga terlibat terorisme di Arab Saudi, mereka terdiri dari 14 WN Arab Saudi, 9 AS, 3 Yaman, 2 Suriah, 1 Filipina, 1 UEA, 1 Kazakhstan, 1 Palestina, 1 WNI. (bay)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*