Home » Cirebon » Rencana Take Over Terminal Type B, PAD Kabupaten Cirebon Terancam Menyusut

Rencana Take Over Terminal Type B, PAD Kabupaten Cirebon Terancam Menyusut

CIREBON – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cirebon dari Dinas Perhubungan terancam akan menyusut. Hal itu menyusul rencana akan diambil alihnya kewenangan terkait pengelolaan terminal type B oleh Pemerintah Provinsi. Dalam aturan baru, terminal type B yang semula berada pada kewenangan kabupaten/kota masing-masing, kini diambil alih pihak Provinsi. Sementara Kabupaten Cirebon, dari tiga terminal yang ada, yakni Sumber, Ciledug dan Losari, semuanya type B.

“Ya jelas kalau terminal type B ini diambil alih oleh Provinsi kita akan kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), “terang Iis Krisnandar selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon kepada Jabar Publisher, Kamis (11/2/2016).

Dikatakan Iis, apabila kewenangan itu menjadi kewenangan Provinsi, maka 70 persen masukan PAD Dinas Perhubungan akan secara otomatis hilang, tetapi jangan salah biaya operasional untuk terminal itu sangatlah besar. “Sekarang baru tahap perencanaan, maka dari itu biar PAD kita ga hilang kita lagi coba mempertahankan, “ujar Iis.

Tetapi disisi lain, lanjut Iis, hampir seluruh elemen masyarakat bukan hanya Kabupaten Cirebon bahkan mungkin seluruh Indonesia, masyarakat ini lebih memilih menggunakan roda dua untuk bepergian kemana-mana. “Sangat miris ya, saat ini pendapatan angkutan bukan hanya angkutan pedesaan saja yang mengalami penurunan bahkan angkutan perkotaan pun hampir mengalami penurunan, pasalnya seluruh masayatakat ini lebih memilih memakai roda dua. Nah bagaimana caranya supaya masyarakat ini kembali memakai fasilitas umum lagi, “ungkapnya. (gfr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.