Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Antisipasi Teroris, 80 Personel Gabungan Periksa Kendaraan Bermotor yang Melintas

Antisipasi Teroris, 80 Personel Gabungan Periksa Kendaraan Bermotor yang Melintas

TASIK – Puluhan aparat gabungan dari Kepolisian Resort Tasikmalaya Kota dan Dinas Perhubungan Kota Tasukmalaya, merazia kendaraan bermotor yang melintas di jalan Cilembang Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Selasa (23/2/2016).

Sekitar 80 personil dikerahkan untuk memeriksa semua kendaraan yang melintas, baik roda dua maupun empat. Hal itu untuk mempersempit ruang gerak pelaku teror yang akan masuk ke wilayah Kota Tasikmalaya.

Operasi kali ini, petugas lebih memfokuskan pemeriksaan ke mobil boks serta kendaraan pribadi yang cenderung tertutup. Selain memeriksa kelengkapan surat kendaraan, petugas juga memeriksa barang bawaan, sehingga para pengemudi harus membuka kontainer maupun bagasi mobilnya.

Pantauan Wartawan, di titik Cilembang depan eks Terminal Cilembang yang menjadi jalur penghubung ke Kabupaten Tasikmalaya, puluhan aparat telah bersiaga untuk memeriksa sejumlah kendaraan.

Hampir seluruh kendaraan diperiksa, bahkan petugas meminta sang sopir untuk menunjukkan isi muatan, maupun barang-barang yang berada di dalam mobil mereka.

Menurut Kepala Satuan Lalulintas Polres Tasikmalaya Kota, Ajun Komisaris Polisi Suharto melalui Kanit Turjawali Iptu, H Ajat Sudrajat menyampaikan razia ini merupakan bagian dari status siaga  yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk mempersempit ruang gerak pelaku teror.

“Operasi kali ini, kami fokus untuk memeriksa barang-barang yang diduga sebagai bahan peledak, senjata tajam mapun bahan pembuat narkotika,” ujarnya.

Menurut dia, dari  unsur lalu lintas kepolisian di Polres Tasikmalaya Kota dan Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya untuk melaksanakan kegiatan ini. Sebab, aparat tidak mau kecolongan dengan masuknya terduga teror di Tasikmalaya.

“Kita rencanakan operasi ini mobile di beberapa titik, terutama di jalur masuk yang menjadi perbatasan antar kabupaten. Untuk sementara, kita masih fokuskan di dua titik, yang menjadi penghubung ke Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasilmalaya,” papar Ajat. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.