Home » Cirebon » SDN 1 Kalipasung di Cirebon Timur Nyaris Ambruk, Disdik Kemana?

SDN 1 Kalipasung di Cirebon Timur Nyaris Ambruk, Disdik Kemana?

CIREBON – Bangunan sekolah rusak dan nyaris ambruk, ternyata masih ditemukan di Kabupaten Cirebon. Sekolah itu bernama SDN 1 Kalipasung, Kecamatan Gebang. Sekolah yang berlokasi di Cirebon Timur ini, kondisinya sangat memprihatinkan dan jauh dari kelayakan. Selain atapnya bolong, tembokannya pun sudah bobrok dan nyaris roboh.

Beginilah kondisi beberapa lokal (ruang) di SDN 1 Kalipasung.

Beginilah kondisi beberapa lokal (ruang) di SDN 1 Kalipasung.

Ironisnya, pemkab setempat terkesan cuek. Padahal, sekolah dasar tersebut, keberadaannya tak jauh dari pusat pemerintahan desa dan sangat mudah terpantau. “Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak enam bulan lalu. Yang terparah adalah ruang kelas dan ruang guru,” ujar Kepala SDN Kalipasung, Hj Nuryati Ahmad.

Sejak enam bulan itu juga, ruangan-ruangan tersebut dikosongkan. Pengosongan ruangan itu, kata dia adalah untuk menghindari adanya korban lantaran bangunannya hampir ambruk. “Kalau ruangan itu dipaksakan masih digunakan, takutnya sewaktu-waktu pas lagi ada kegiatan belajar mengajar ambruk,” lanjutnya.

Bangunan sekolah tersebut, jelas Nuryati, terakhir dibangun pada tahun 2008. “Atas kondisi ini kita sudah mengajukan proposal ke Dinas Pendidikan Kab Cirebon. Tapi belum juga terealisasi,” ucapnya. Untuk kegiatan belajar, kelas 1 di kelas 3, kelas 2 di Madrasyah, kelas 6 di ruang guru, ruang guru pindah ke perpustakaan. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*