Home » Bekasi » Pilbup Bekasi Bebas Narkoba, KPU Perketat Tes Kesehatan

Pilbup Bekasi Bebas Narkoba, KPU Perketat Tes Kesehatan

BEKASI – Mencegah adanya bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bekasi yang menggunakan dan menyalahgunakan Narkoba dalam pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Bekasi pada Rabu 15-02-2017 nanti.
KPU Kabupaten Bekasi akan bekerja sama dengan tim medis dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi untuk melakukan tes urin kepada bakal calon bupati dan wakil bupati, hal ini bertujuan agar nantinya di Kabupaten Bekasi ini mempunyai pemimpin yang bersih dari narkoba dan juga agar penyelengggaraan Pilkada berjalan dengan lancar.
Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik‎ mengatakan,‎ pada prinsipnya jika nanti dalam regulasi peraturan terbaru pencalonan Pilkada Kabupaten Bekasi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bebas dari narkoba. “Kita akan berkoordinasi dengan BNK, prinsipnya kami akan laksanakan pemeriksaan dan semua peraturan yang diperintahkan kepada kami,” ucapnya.
Dijelaskannya, pemeriksaan tes kesehatan atau tes urin dan lainnya itu akan masuk sebagian dari persyaratan kepada bakal calon yang akan mendaftar. Karena nanti, diperaturan KPU yang lama ada yang namanya cek kesehatan bakal calon. “Biasanya dokter tidak akan merekomendasi kalau cek kesehatannya positif menggunakan narkoba, itu nanti urusan dokter, karena kami hanya menerima dokumen yang bersangkutan layak atau tidaknya,” katanya.
Kenapa pihaknya menyerahkan semua keputusan kepada dokter dan hanya menerima dokumen rekomendasi dari dokter, kata dia, itu adalah kewenangan dari tim dokter yang sudah dipercaya melakukan pemeriksaan medis. “Kalau memang terbukti mengkonsumsi narkoba, saya yakin dokter tidak akan merekomendasi bakal calon tersebut untuk mengikuti Pilkada. Kalau dokter sudah tidak merekomendasikan, selanjutnya kami tidak bisa memproses pencalonannya,” tutupnya.
Sementara itu ditempat yang berbeda, Ketua tim pemenangan Pilkada Kabupaten Bekasi Sahabat Neneng‎ (SN), Budiarta sangat mendukung sekali langkah-langkah KPU Kabupaten Bekasi melakukan program tes kesehatan kepada bakal calon agar bakal calon tidak menggunakan narkoba.
“Itu saya pikir sangat perlu, karena kita memilih calon pemimpin harus benar-benar sehat jiwa nya dan rohani nya juga benar-benar sehat. Kami akan sangat setuju sekali kalau KPU sebelum menetapkan bakal calon melakukan tes kesehatan atau tes urin,” ujar, Ketua Tim Pemenangan bakal calon dari incumben‎ Neneng Hasanah Yasin, yang telah mendeklarasikan nama Sahabat Neneng (SN) ini kepada Jabar Publisher di Kantor SN yang terletak di Ruko Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.
Menurut dia, dalam peraturan yang dilakukan KPU ini, sebagai salah satu syarat kepada bakal calon, apa lagi dalam hal ini akan didampingi oleh dokter dan BNK untuk melakukan tes kesehatan dalam menguji kelayakan bakal calon tidak menggunakan narkoba, pihaknya sangat mendukung.
“Kami sebagai masyarakat sangat setuju sekali, supaya jelas dalam memilih pemimpin itu jangan sampai seperti memilih kucing dalam karung, artinya ketika orang atau calon yang sudah menjadi panutan, tiba-tiba kita kecolongan atau sudah dikelabui oleh calon tersebut ternyata pecandu narkoba,” tegas pria bekacamata ini.
Pihaknya berharap kepada pihak terkait seperti, KPU, BNK, tim dokter dan penegak hukum harus jujur dan sportif dalam menjalankan tugasnya. Jangan sampai ada main mata, jadi jangan sampai kalau ada bakal calon yang terbukti atau positif menggunakan narkoba diloloskan. Pasalnya, kata dia, kalau positif menggunakan narkoba diloloskan yang akan dirugikan adalah masyarakat, sama saja itu pembohongan publik.
‎”Saya pikir di Kabupaten Bekasi ini berbeda dengan disalah satu daerah di Sumatera sana yang saat ini Bupati yang baru saja dilantik menjadi tersangka BNN. Sebetulnya disini kita bisa menggambil hikmahnya untuk buah pelajaran Kabupaten Bekasi, jadi kedepannya Pilkada di Kabupaten Bekasi tahun 2017 jangan sampai ada pigur yang terpilih akhirnya adalah pecandu narkoba,” pungkasnya. (iar)

One comment

  1. yang ketat pemeriksaannya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*