Home » Bandung » May Day di Gedung Sate: Jurnalis ikut Demo Bareng Buruh

May Day di Gedung Sate: Jurnalis ikut Demo Bareng Buruh

BANDUNG – Ada yang menarik dari peringatan May Day (Hari Buruh) tahun ini di Bandung. Dalam peringatan yang dilakukan dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Minggu (1/5/2016), ada kelompok jurnalis ikut serta.

Dalam aksi itu, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung Adi Marsiela menggaungkan agar perusahaan media untuk menghentikan segala pelanggaran ketenagakerjaan dengan dalih apapun. Perayaan May Day, kata dia, harus menjadi perhatian pemerintah untuk mengawasi perusahaan media dan mengaudit kondisi ketenagakerjaan di sektor media.

“Di Indonesia ada sekitar 2 ribu perusahaan media hanya ada 40 serikat pekerja media. Tapi yang aktif hanya 20,” ujar Adi Marsiela dalam orasinya.

AJI juga mengusung beberapa poster yang bertuliskan “Jurnalis Juga Buruh” dan “Jurnalis Tuntut Upah Layak”. Adi juga mengajak para jurnalis untuk berserikat dalam menjalankan tugasnya.

“Kami juga mengajak jurnalis untuk berserikat di perusahaannya masing-masing,” tandasnya.

Selain hal tersebut AJI juga menyampaikan beberapa sikap dalam aksi solidaritasnya. Sebut saja pemilik/manajemen media memberikan jaminan sosial bagi jurnalisnya, berlakukan upah layak jurnalis di setiap daerah, dan pemerintah daerah berlakukan upah sektoral pekerja media.

Selain itu, pemerintah daerah mengaudit kondisi ketenagakerjaan di perusahaan media, dan jurnalis harus sadar dan merintis pembentukan serikat pekerja di perusahaannya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*