Home » Cirebon » Ramadhan, Harga Gula Pasir di Cirebon Rp18 Ribu/Kg

Ramadhan, Harga Gula Pasir di Cirebon Rp18 Ribu/Kg

CIREBON – Gula pasir pada bulan Ramadhan tahun 2016 ini bisa bilang menjadi sorotan, dikarenakan lonjakan harganya yang menembus dari batas kewajaran. Pasalnya, pantauan jabarpublisher.com dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon mencatat harga tertinggi pada tahun-tahun sebelumnya untuk komoditi gula pasir yaitu maksimal harganya itu diangka 15 ribu, namun ditahun 2016 ini terjadi lonjakan harga yang begitu signifikan.

Harga gula pasir di pasaran yang menembus angka hingga 18 ribu, membuat para pembeli merasa terkaget-kaget. “Baru ditahun ini gula pasir begitu mahalnya,  “ujar salah satu pembeli, Ibu Nisa kepada reporter jabarpublisher.com, Selasa (21/6/2016).

Dikatakan Nisa, pada awal bulan puasa tahun ini harganya gula pasir sudah mencapai 16 ribu, padahal biasanya gula pasir itu mahal-mahalnya 15 ribu, selang tiga hari naik lagi 16.500 lalu naik lagi 17 ribu dan pada minggu kedua bulan puasa ini mencapai 18 ribu. “Ga tau pengaruh apa sampai-sampai kok gula pasir sampai mahal begitu, ” katanya.

Sementara itu, yang disampaikan pihak Disperindag, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon, Erry Achmad Husaeri melalui Kasi Perdagangan dalam negeri, Dini Dinarsih mengatakan, pihaknya merasa kaget dengan harga gula pasir di pasar Pasalaran hingga tembus diangka 18 ribu. Dikatakannya pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan pihak kepala pasar Pasalaran dan akan melaporkan ke BUMN untuk dilakukan operasi pasar murah khusus gula pasir.

“Waduh, coba nanti saya tanya ke Pak Karno (kepala pasar Pasalaran.red). “ujarnya melalui pesan singkatnya.

“Langkah kita selanjutnya, kita akan segera laporkan ke BUMN untuk segera dilakukan pasar murah khusus gula pasir, “sambungnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.