Home » Dunia » Pepe Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Pepe Pemain Terbaik Piala Eropa 2016

Pemain belakang tim nasional Portugal, Pepe, dinobatkan sebagai pemain terbaik di final Piala Eropa 2016 oleh otoritas sepak bola Eropa, UEFA.

Bermain sebagai bek tengah dan dipasangkan dengan Jose Fonte, Pepe memang tampil luar biasa untuk menjaga kerapatan lini pertahanan Portugal. Skema bertahan Portugal sangat sukar untuk ditembus Perancis sepanjang pertandingan dan menjadi faktor krusial mereka bisa keluar menjadi juara.

Pemain yang memiliki nama lengkap K├ępler Laveran Lima Ferreira itu juga menyapu bersih bola 12 kali — lebih banyak di antara rekan-rekan setimnya. Ia juga mengoleksi jumlah blok tembakan terbanyak dengan total tiga blok.

Pepe sendiri bukannya tanpa beban bermain di final pertamanya di level internasional. Seusai pertandingan, ia melepaskan seluruh ketegannya dengan muntah ringan di pinggir lapangan.

Portugal menang di hadapan lebih dari 75 ribu penonton Stade de France. Penyerang Portugal yang masuk di menit ke-79, Eder, mencetak satu-satunya gol pada menit ke-109.

Mental skuat Portugal sebenarnya sempat ambruk seketika setelah Ronaldo harus keluar lapangan sejak menit ke-25. Megabintang Real Madrid itu mengalami cedera otot paha dan akhirnya digantikan Ricardo Quaresma.

Pepe pun berupaya menjaga motivasi rekan-rekannya di lapangan untuk tetap fokus menjaga asa juara.

Pemain 33 tahun itu mengaku mulai menularkan motivasi kepada rekan-rekannya di lapangan dengan satu tekad. Yaitu, mempersembahkan juara untuk sang kapten tim, Ronaldo.

“Ini sangat sulit karena kami kehilangan pemain utama kami dan menggantungkan harapan kami pada dia yang memiliki kemampuan mencetak gol di setiap saat,” kata Pepe.

“Kami telah menuliskan sebuah halaman brilian di dalam buku sejarah sepak bola Portugal.” (dtc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*