Home » Cirebon » Sambut HUT-RI, KNPI Gebang Gelar Donor Darah

Sambut HUT-RI, KNPI Gebang Gelar Donor Darah

CIREBON – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71, Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Kecamatan Gebang bekerjasama dengan muspika Kecamatan Gebang mengajak kaum muda dan masyarakat untuk mengikuti kegiatan donor darah selasa (9/8) di aula kantor kecamatan setempat.

Ketua PK KNPI Kecamatan Gebang, Nawawi mengatakan, inisiatif diadakannya pelaksanaan donor darah  berawal melihat kondisi bank darah PMI Kabupaten Cirebon yang hingga saat ini masih mengalami banyak kekurangan pada setiap bulannya atau baru 50 persen saja untuk memenuhi kebutuhan akan darah di Kabupaten Cirebon. “Dari persoalan tersebut, kita sebagai ormas kepemudaan mencoba membantu dengan merekrut dari unsur pemuda yang diharapkan bisa sedikit membantu dan juga bisa diikuti ormas kepemudaan di kecamatan lain, kita gelar berbarengan kegiatan HUT RI ke 71 dengan menggandeng muspika Gebang,” harapnya.

Dijelaskannya, selain itu juga sebagai upaya untuk memfasilitasi pemuda dan juga masyarakat lain yang ada di wilayah Kecamatan Gebang dan sekitarnya yang sebenarnya mereka mau atau ingin melakukan donor darah tetapi mereka tidak memiliki waktu untuk melakukannya, hal itu juga lantaran melihat dari kegiatan donor darah yang sementara ini di Kecamatan Gebang belum pernah menggelar kegiatan donor darah. “Tujuan lain adalah kita memfasilitasi mereka yang mau melakukan donor terutama bagi pemuda dan warga yang. punya tkeinginan melakukan donor tetapi tidak memiliki kesempatan, kita gelar disini untuk mendekatkan mereka,” terang Nawawi.

Lebih lanjut Nawawi berharap, sebagai target perolehan pendonor yang diutamakan adalah para pemuda yang ada di Kecamatan Gebang, menurutnya lantaran pelaksanaan donor darah tersebut baru  pertama kali dilaksanakan sehingga tidak muluk-muluk menargetkan sekitar 50 pendonor. Tetapi menurutnya PK KNPI Kecamatan Gebang akan mengupayakan kegiatan tersebut akan terus diselenggarakan secara rutin dengan bekerja sama dengan karang taruna yang ada di desa-desa sekecamatan Gebang dan akan dilaksanakan bergiliran setiap 3 bulan sekali. “Target awal minimal 50 pendonor, tetapi kedepan kita mengupaykan akan dilakulan secara rutin keliling ke beberapa desa yang ada di Kecamatan Gebang dengan menggandeng Karang Taruna desa setempat,” harap Nawawi.

Sementara itu sekeretaris PMI Kabupatemn Cirebon, Sri Bendera Murni mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan permohonan kepada beberapa instansi, ormas, lembaga, perusahaan untuk bisa bekerja sama menggelar kegiatan donor darah mengingat hingga saat ini persediaan bank darah PMI Kabupaten Cirebon dengan kebutuhan darah dalam rata-rata sebulan masih dikisaran angka 50 persen dari kebutuhan. “Kebutuhan darah di kabup[aten Cirebon mencapai 3.000 labuh per bulan sementara hasil donor baru mencapai angka dikisaran 1.500 sampai 1.600 labuh perbulan, makanya terus kita genjot lakukan sosialisasi ke beberapa tempat akan pentingnya kebutuhan darah ini, salah satunya kita menggandeng pemuda seperti yang kita gelar saat ini dengan KNPI kecamatan Gebang,” paparnya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.