Home » Cirebon » Minta Upah Naik, Puluhan Karyawan Demo Pabrik Terasi
Minta Upah Naik, Puluhan Karyawan Demo Pabrik Terasi

Minta Upah Naik, Puluhan Karyawan Demo Pabrik Terasi

CIREBON – Puluhan pekerja PT. Citra Budi Luhur yang terletak di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, berunjuk rasa di depan pintu gerbang perusahaan tersebut.

Dengan berjalan kaki dan membentangkan empat spanduk yang berisi tuntutan tersebut, massa terus meneriakkan kenaikan upah, masuk dalam kepesertaan BPJS, jam kerja lembur yang tak dibayar dan adanya dugaan intimidasi dari pihak perusahaan pada para pekerja.

“Dalam satu hari kerja mencapai sembilan jam, seharusnya kan delapan jam dan cukup variatip, ada yang mendapatkan 31.000 dan ada pula yang mendapatkan upah Rp 37.000 setiap harinya. Selain itu, pihak perusahaan tidak menyediakan obat-obatan. Jika ada pekerja yang sakit, ya pekerja itu sendiri yang membeli obat sakit kepala maupun sejenisnya dan bila ingin pulang pekerja yang sakit tersebut, pihak perusahaan tidak membolehkan pekerja lain mengantarnya,” teriak salah seorang pengunjuk rasa, Siti, Senin (15/8/2016).

Senada diteriakkan pekerja lainnya, Haryani. Dirinya mengaku sempat mendapatkan intimidasi dari pihak perusahaan berupa pemecatan dan akan dilaporkan ke pihak berwajib, apabila menceritakan pada pihak lain mengenai kondisi perusahaan. “Kami harapkan pihak perusahaan mengabulkan tuntutan yang diajukan, yakni, upah sesuai UMR, adanya penyediaan obat-obatan, adanya upah lembur dan para pekerja masuk dalam BPJS,” pintanya.

Adanya aksi para pekerja tersebut, tak ada satu pun perwakilan pihak perusahaan yang menemuinya. Setelah puas melakukan aksi, para pekerja membubarkan diri dengan tertib. Sekedar informasi, pabrik terasi tersebut merupakan salah satu perusahaan yang menghasilkan merk terasi terkenal. Namun sayang, tak ada papan nama perusahaan. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll To Top