Home » Cirebon » 128 Rutilahu di Desa Tanjung Anom Dapat Bantuan Rehab Kemenpera

128 Rutilahu di Desa Tanjung Anom Dapat Bantuan Rehab Kemenpera

CIREBON – Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, mendapatkan program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 128 rumah dari Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI dan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. Pemdes setempat berharap di tahun 2018 seluruh rutilahu di desanya sudah mendapatkan bantuan program semua. Demikian disampaikannya pada Rabu, (14/9/2016).

“Target pemerintah Desa Tanjung Anom tahun 2018 rutilahu yang ada di desa Tanjunganom sudah diselesaikan. Jadi tidak ada lagi rumah tidak layak huni di desa ini,” jelas Kuwu Desa Tanjunganom Dara Darmanto, usai melakukan monitoring pembangunan ruilahu. Dijelaskan, tahun 2016 ini desanya mendapatkan bantuan rutilahu dari Kemenpera RI sebanyak 115 rumah, dan dari Pemerintah Kab. Cirebon melalui Dinsos sebanyak 13 rumah, sehingga total 128 rumah. Sementara jumlah total rutilahu yang ada di desanya berjumlah 201 rumah, masih sekitar 73 rumah lagi yang belum mendapatkan bantuan.

Sementara itu, Camat Pasaleman Solihin mengatakan bahwa program pemerintah untuk rutilahu yang telah diberikan ke desa Tanjunganom diharapkan akan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakatnya yang diketahui berada diwilayah pelosok dan banyak ketertinggalan. Desa Tanjunganom, merupakan salah satu Desa di Kecamatan Pasaleman yang terbilang banyak memiliki rumah tidak layak huni.

Sementara untuk bantuan rutilahu dari Dinas Sosial Kabupaten Cirebon sebanyak 35 rumah dialokasikan ke 7 desa yang ada di Kecamatannya, tiap desa mendapatkan 5 rumah. Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut bisa meningkatkan derajat hidup masyarakatnya. “Kami berharap program ke depan bukan saja untuk rutilahu, tetapi infrastruktur jalan dan pembangunan lainnya karena Kecamatan Pasaleman yang merupakan wilayah terpencil dan merupakan desa perbatasan dengan Kabupaten lain,” tandas Camat. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*