Home » Cirebon » HUT ke-489, Gubernur Minta Indramayu Prioritaskan Tiga Hal ini

HUT ke-489, Gubernur Minta Indramayu Prioritaskan Tiga Hal ini

HUT Ke-489, Aher Minta Indramayu Prioritaskan Tiga Hal Ini

KAB. INDRAMAYU – Hari ini, 7 Oktober 2016 Kabupaten Indramayu genap berusia 489 tahun. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) yang hadir bersama Bupati Indramayu Anna Sophanah pada rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Indramayu dalam memperingati hari jadinya, meminta agar pemerintah Indramayu memprioritaskan tiga pembangunan penting yang harus segera dilakukan agar Indramayu semakin berdaya saing di regional Jawa Barat, nasional hingga pasar global.

Tiga prioritas yang dimaksud Aher yaitu, mengoptimalkan kualitas pendidikan agar menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. Kedua, implementasi tata ruang dan wilayah yang mengutamakan daya dukung lingkungan dengan pembangunan berbasis keseimbangan ekosistem. Kemudian menjaga kemampuan daya beli masyarakat dan terus mendukung sektor riil agar tetap bergerak melalui kebijakan kondusif bagi peningkatan investasi terutama bidang infrastruktur dan kemudahan perijinan.

“Prioritas itu hanya dapat terlaksana dengan kondusifitas dan stabilitas daerah, karena itu segenap elemen masyarakat harus memiliki peran dan kewajiban untuk mewujudkan itu,” kata Aher di ruang rapat istimewa DPRD Indramayu, Jumat (07/10/16).

Sinergi antara Pemkab Indramayu sebagai penggerak utama roda pemerintahan dan DPRD sebagai penyalur aspirasi masyarakat juga harus ditingkatkan. Sehingga mendukung percepatan pembangunan dan stabilitas politik daerah. “Sektor swasta dan organisasi kemasyarakatan juga harus mampu memposisikan diri sebagai mitra strategis Pemkab Indramayu,” ujarnya.

Pemprov Jabar sendiri kata Aher, juga tidak akan tinggal diam untuk memajukan wilayah Indramayu, salah satunya dengan pembangunan sarana infrastruktur sewilayah Ciayumajakuning. Dilihat dari capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM), berdasarkan data dari BPS tahun 2015, Kabupaten Indramayu baru mencapai 64,36 point atau dibawah rata-rata daerah Jawa Barat yang mencapai 69,50 point. “Karena itu dalam momentum ini saya minta ikhtiar dari seluruh penyelenggara pemerintah dalam meningkatkan IPM,” ucap Aher.

Kabupaten Indramayu merupakan daerah dengan potensi yang luar biasa. Dari segi sumber daya alam luas lahan sawahnya mencapai 55,61% dari total luas lahan Kabupaten Indramayu. Tak heran bila Indramayu menjadi salah satu pemasok beras nasional. Produk unggulan sektor perkebunan diantaranya mangga, tebu, kopi, kelapa dan jambu mete. Kemudian sebagai daerah pesisir pantai, didukung dengan banyaknya tambak ikan, saat ini Indramayu dikenal sebagai daerah penghasil ikan andalan Jawa Barat. Tak hanya itu, kekayaan pertambangan menjadi aset berharga bagi Kabupaten Indramayu.

Dari segi sumber daya manusia, masyarakat Indramayu dikenal berkarakter gigih dan kreatif serta berjiwa wirausaha. Hasilnya, berbagai produk lokal kini dikenal luas, tidak hanya di Jawa barat bahkan nasional, diantaranya bidang kuliner seperti kerupuk dan makanan olahan ikan, kerajinan pande besi dan batik indramayu. Berbekal besarnya potensi yang dimilikinya, Kabupaten Indramayu merupakan wilayah penting di Indonesia, terlebih lagi dalam konteks pembangunan Jawa Barat di bagian timur.

Bupati Indramayau Anna Sophanah mengungkapkan, memasuki usia yang ke-489, Ia dan jajarannya optimistis dapat memantapkan kedudukannya sebagai salah satu daerah otonom yang memiliki daya saing serta posisi tawar yang diperhitungkan di Jawa Barat bahkan nasional.

“Dengan peringatan ini saya yakin dan lebih termotivasi lagi untuk lebih berkarya membangun Indramayu yang lebih baik lagi,” ungkap Anna. Tema yang diangkat pada peringatan hari jadi Indramayu ke-489 ini adalah “Sukseskan Pembangunan Desa, Menuju Indramayu Remaja”. (dov/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*