Home » Info Jabar » Pungli Kemenhub Terbongkar, Di Daerah Langsung Ramai Sidak Samsat

Pungli Kemenhub Terbongkar, Di Daerah Langsung Ramai Sidak Samsat

TASIK – Untuk mengantisipasi praktik percaloan dalam pelayanan perpanjangan pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Samsat Kota Tasikmlaya, sejumlah anggota Propam Polres Polres Tasikmlaya Kota melakukan pengawasan. Sidak untuk mendukung Program Prioritas Kapolri (Promoter) yang dipimpin langsung oleh Kasipropam Polres Tasikmlaya Kota, Ipda Dede Tarman Rabu(12/10/2016)siang.

Sidak dilakukan oleh anggota Propam Polres Tasikmlaya Kota sekira pukul 11.00 dengan pemeriksaan dimulai dari loket pendaftaran mutasi, pendaftaran pajak kendaraan, cek fisik, input data, cetak STNK hingga loket penyerahan STNK. Kasi Propam Polres Tasikmlaya Kota, Ipda Dede Tarman SH, mengatakan, Sidak di Samsat Kota Tasikmlaya guna mengantisipasi praktek percaloan, pungli, administrasi tidak lengkap dalam pengurusan pajak kendaraan maupun tindakan intimidasi yang dilakukan.

“Upaya pencegahan praktek percaloan dan pungli sesuai Comander wish Kapolri tentang Program Prioritas Kapolri (Promoter),” katanya. Pemantauan dilakukan sejumlah anggota Sipropam baik kepada petugas Sat lantas maupun kepada masyarakat yang tengah mengurus pajak kendaraan. Pemeriksaan dimulai dari loket pendaftaran mutasi, pendaftaran pajak kendaraan, cek fisik, input data, cetak STNK hingga loket penyerahan STNK. Semua loket tidak luput dari pengawasan anggota Sipropam. Sesekali petugas juga menanyakan calon pengurus pajak kendaraan. Dengan menanyakan admistrasinya sudah lengkap belum, anggota juga meminta dalam pengurusan pajak kendaraan tidak usah menggunakan jasa orang lain atau calo yang menjanjikan bisa memudahkan untuk mempercepat pengurusan.

“Anggota juga memberikan pesan secara langsung untuk tidak melalui calo dan agar diurus sendiri,” lanjutnya. Diungkap Kasi Propam Polres Tasikmlaya Kota, setiap harinya ada petugas provos yang melakukan patroli pengawasan di Samsat Kota Tasikmlaya. “Tujuannya untuk menekan praktek percaloan, ini bukti bahwa kami serius untuk meniadakan praktek percaloan di Samsat Kota Tasikmklaya. Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat yang hendak mengurus pajak kendaraan sekarang sudah ada sistem online atau Samsat online guna memudahkan dalam pengurusan,” imbuhnya. Lanjut kasi Propam dalam sidak kali ini di Samsat Kota Tasikmlaya Pihaknya tidak menemukan percaloan ataupun pungli di samsat tersebut  kalopun ada kita akan beri sangsi tegas punkasnya. (and)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.