Home » Cirebon » Disdik Kabupaten Cirebon Dibobol Maling, Rp 45 Juta Raib!

Disdik Kabupaten Cirebon Dibobol Maling, Rp 45 Juta Raib!

CIREBON – Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon kebobolan. Diketahui bahwa telah terjadi kasus pembobolan pada saat para pegawai masuk kantor, ruang Kasubag Keuangan Dinas tersebut sudah dalam kondisi berantakan. Senin (23/1/2017) dini hari tadi.Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, Asdullah Anwar mengatakan dirinya pagi tadi tidak mengetahui secara persis karena pagi hari tersebut ia berencana ada kegiatan bersama Bupati Cirebon yaitu apel di salah satu sekolah menengah atas di Kecamatan Karang Wareng. “Pagi tadi tuh saya berencana mau ada kegiatan bersama Bupati Cirebon di SMA Karang Wareng dan ga tahunya saya itu ada yang ketinggalan tas untuk anak-anak SMA tersebut jadi saya kekantor dulu dan ga tahunya saya kaget dapat laporan dari pegawai saya bahwa kantor dinas ini kebobolan,” katanya kepada wartawan.

Dikatakan Asdullah, dirinya mendapat kabar tersebut langsung bergegas naik keatas melihat ruang Kasubag Keuangan yang mengalami tindak pencurian. “Saya perintahkan kepada Sekretaris saya untuk mengecek barangkali ada barang yang kehilangan lagi, karena saya ada kegiatan dengan Bupati Cirebon, ternyata setelah mendapatkan laporan dari Sekdis hanya uang yang ada dibrangkas saja yang hilang,” ungkapnya.

Masih dikatakan Asdullah, kerugian yang dialami itu sekitar 45jutaan. “Dana yang ada di brangkas itu adalah terbagi berbagai dana, diantaranya ada dana kematian pegawai tahun 2015 bulan Desember dan Januari 2016 sebesar 29.725.000, dana non sertifikasi SMKN 1 Mundu 1.425.000, dana non sertifikasi SMPN 1 Sumber 712.500, dana cek sekolah 6.160.000, dana cetak LTD 1.500.000 dan dana PMI sebesar yang belum disetorkan 6.000.000,” paparnya.

Kejadian pembobolan kantor Disdik, lanjut Asdullah, pelaku sudah melakukan pengintaian jam 03.18 dan keluar jam 03.58 sekitar 40 menit. “Setelah dilihat dari CCTV yang ada dikami, pelaku tersebut diduga dilakukan 3 orang, satu menjaga didepan Kantor Dinas, dan kedua pelaku melakukan aksinya di ruang Kasubag Keuangan. Bahkan bukan hanya ruang Kasubag Keuangan saja tetapi ruang Kabid Paud juga diacak-acak. Sejauh ini kami sudah melaporkan hal ini kepada pihak berwajib, dan saksi-saksi sedang dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon AKBP Risto Samodra melalui Kapolsek Sumber, AKP Sobirin membenarkan bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon. “Kita mendapatkan laporan sekitar pukul 05.30 wib, kerugian diperkirakan sekitar 75juta. Sejauh ini kami masih melakukan penyelidikan terhadap saksi-saksi dan kita juga akan mendalami dari data rekaman CCTV yang ada di dinas tersebut,” katanya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*