Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Lomba Bayi Sehat Meriahkan Hari Gizi Nasional

Lomba Bayi Sehat Meriahkan Hari Gizi Nasional

TASIK – Peringati Hari Gizi Nasional, ratusan balita di Tasikmalaya mengikuti perlombaan Bayi Sehat. Selain mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, orang tua juga bisa menambah pengetahun terkait asupan gizi yang baik bagi anak. Sejak pagi mereka sudah memadati salah satu Rumah Sakit Umum di Jalan Insinyur Haji Juanda, Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Rabu (25/01/2017).

Terdapat 2 kategori, yakni Kategori A Serta Kategori B, Untuk balita yang ikuti lomba Bayi Sehat ini. Kategori A untuk usia 0-1 tahun, sementara Kategori B untuk usia balita 1-3 tahun. Berbagai tingkah lucu nan menggemaskan dari seluruh bayi tersebut, selain berusaha merangkak, banyak balita yang menangis ketakutan saat diperiksa dokter. Tidak sedikit pula yang justru malah tertidur nyenyak tanpa terganggu suasana yang gaduh.

Menurut Citra Maheswari, salah seorang ibu balita mengugkapkan, saat di tanya sejumlah wartawan di sela kegiatan, ”ikuti lomba balita sehat, anak saya berusia sepuluh bulan, pengen liat kemampuan nya sebetulnya, kalau menang sih bukan ukuran, insya allah gizi udah maksimal,” ujarnya.

Proses penilaian didasarkan pada, kondisi kesehatan, fisik bayi hingga asupan gizi anak. Usia 0-3 tahun dikenal sebagai ‘Masa Emas’ bagi anak untuk menyerap nutrisi. Kebutuhan nutrisi yang seimbang mutlak diperlukan balita agar kesehatanya terjaga.

Sementara itu, dokter Rumah Sakit Prasetya Bunda dr. Suci Dara mengatakan, ”Pada tanggal 25 Januari adalah Hari Gizi Nasional, maka RS Prasetya Bunda adakan lomba balita sehat misalnya, status gizi, lingkar kepala, tinggi badan dan asupan makanan sehari-hari. Untuk usia 0-3 tahun ini dibilang masa mas anak dimana nutrisi yang paling pas itu karbohidrat vitamin dan harus seimbang,” paparnya. Pihak penyelenggara menyediakan tropi dan uang pembinaan bagi balita yang menang.  (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.