Home » Info Jabar » Jabar Raih Wahana Tata Nugraha

Jabar Raih Wahana Tata Nugraha

JAKARTA – Kembali, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan. Kali ini di bidang perhubungan darat untuk Kategori Provinsi: Wahana Tata Nugraha Wiratama dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Piala Penghargaan yang diserahkan langsung Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, didampingi Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, yang juga didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, di Istana Wakil Presiden Jakarta (31/01/2017).

Piala Wahana Tata Nugraha sendiri merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen untuk membina, membangun, dan meningkatan kinerja dalam bidang perhubungan. Selain Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terdapat 10 Provinsi lainnya yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2016 yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan, Wapres Jusuf Kalla mengatakan, suatu sistem transportasi dapat diukur dari dua aspek yakni kelancaran dan keamanannya. JK, sapaan akrab Wapres menuturkan kelancaran transportasi dapat ditinjau dari rata-rata kecepatan di jalan raya. Sementara terkait keamanan, sepanjang tahun 2016, JK menyebutkan bahwa pihak Kepolisian mencatat terdapat kurang lebih 100 ribu kasus kecelakaan transportasi, dengan korban meninggal lebih dari 23 ribu jiwa di jalan raya.

“Artinya masih banyak yang harus kita perbaiki dari sisi transportasi. Tentu ini tidak mudah karena setidaknya ada delapan faktor yang mempengaruhi baik buruknya sistem transportasi,” kata Wapres JK. Adapun Wapres menyebutkan sejumlah faktor berpengaruh dalam hal transportasi antara lain; jumlah penduduk yang terus meningkat, jumlah kendaraan meningkat, serta faktor kawasan, atau wilayah perekonomian, dalam arti, suatu kawasan yang ekonominya maju akan menjadi serbuan masyarakat sehingga terjadi kepadatan.

Maka infrastruktur transportasi yang menunjang perlu menjadi perhatian lebih. Pun selain hal tersebut, manajemen angkutan umum dan lalu lintas, serta sosialisasi disiplin masyarakat, juga menjadi hal yang perlu ditindak lanjuti. Tak lupa, Wapres ungkapkan apresiasinya pada para peraih penghargaan. “Saya mengucapkan selamat kepada para Gubernur, Bupati, Walikota yang mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha, artinya mereka telah bekerja keras untuk memperbaiki, meningkatkan sistem angkutan darat di daerah masing-masing,” ujarnya.

Atas penghargaan ini Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, ini sebagai motivasi, sekaligus pemicu untuk terus memperbaiki pelayanan transportasi kepada masyarakat dengan semakin baik lagi. “Penghargaan yang diraih ini bukan sekedar seremonial saja. Hadirnya pelayanan transportasi yang prima ini penting. Karena transportasi ini sarana penghubung yang mendukung berkembangnya kemajuan ekonomi, sosial, dan juga demokrasi,” katanya. (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*