Home » Bekasi » Plt Bupati Bekasi Kukuhkan Tim Satgas Saber Pungli

Plt Bupati Bekasi Kukuhkan Tim Satgas Saber Pungli

BEKASI – Plt Bupati Bekasi, Rohim Mintareja, resmi kukuhkan tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Pungli-red), Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, yang dilaksanakan di Gedung Wibawa Mukti, Komplek Plaza Pemkab Bekasi, Jum’at (10/02).

Dirinya mengatakan, Satgas Saber Pungli yang dikukuhkan terdiri atas unsur Pemerintah Kabupaten, Polres, Kodim, Kejaksaan Negeri, dan Akademisi. “Tim saber pungli ini merupakan gabungan dari beberapa instansi diantaranya polres metro Bekasi, Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, Kejaksaan Negeri Cikarang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi,” jelasnya. “Jumlah keseluruhan anggota yang dikukuhkan, ada sekitar 40 orang,” tambahnya.

Satgas Saber Pungli yang sudah dikukuhkan ini, lanjut Rohim, tentunya harus mampu menunjukkan eksistensinya dalam memberantas pungli di Kabupaten Bekasi, demi terwujudnya visi pembangunan Kabupaten Bekasi. “Satgas Saber Pungli Kabupaten Bekasi, dibentuk dengan tujuan clean goverment di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bekasi,” ujar Rohim.

Selain itu, dirinya berharap, Satgas Saber Pungli dapat memberantas pungutan liar di berbagai sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan institusi lainnya, yang melakukan pelayanan publik sesuai dengan institusi lainnya yang melakukan pelayanan publik sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2009. “Dengan dikukuhkannya Satgas Saber Pungli diharapkan dapat meminimalisir Pungli di wilayah Kabupaten Bekasi, mengingat banyaknya SKPD yang langsung melayani kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Dirinya menghimbau kepada semua pelaksana, terutama di dinas-dinas yang menjalankan pelayanan masyarakat mampu bekerja sesuai dengan perundang-undangan, sehingga tidak ada lagi pungutan-pungutan liar di wilayah Kabupaten Bekasi. “Mudah-mudahan, para pelaksana, terutama di dinas-dinas yang menjalankan pelayanan ini betul-betul bekerja ekstra sehingga tidak ada lagi yang namanya pungli di wilayah Kabupaten Bekasi,” katanya.

Untuk itu dirinya membutuhkan peranan dari berbagai unsur yang saling mengawasi, dan ia berharap bagi tim Satgas Saber Pungli mampu mulai bekerja dengan sebaik-baiknya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.