Home » Cirebon » 2017, Pemkab Cirebon Targetkan Punya Tiga TPA

2017, Pemkab Cirebon Targetkan Punya Tiga TPA

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam memperingati hari peduli sampah nasional, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon melakukan bersih-bersih diarea Hutan Kota Sumber, Kamis (16/2/2017).

Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Endoy Setiadarma mengatakan momentum dihari peduli sampah tingkat Kabupaten Cirebon ini diwarnai dengan bersih-bersih diarea Hutan Kota Sumber. “Dalam rangka peduli sampah nasional ini kita harapkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) membersihkan dikantor masing-masing,” kata Endoy.

Dikatakan Endoy, permasalahan sampah ini adalah permasalahan bersama, bukan hanya pekerjaan pemerintah saja melainkan masyarakat pun ikut serta dalam menangani masalah sampah ini. “Bisa dikatakan sampah ini sudah menjadi permasalahan bersama, kalau penanganannya kurang tepat maka jelas nanti ada imbas yang kurang baik bahkan bisa mengurangi kenyamanan maupun berimbas terhadap kesehatan. Khusus di Kabupaten Cirebon kita melakukan upaya semaksimal mungkin untuk penanganannya, walaupun masih banyak kekurangan-kekurangan karena kita hanya mempunyai satu TPA saja,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya sedang terus mengupayakan untuk pengadaan ketiga lokasi TPA baik dibarat, timur, dan tengah. “Insya allah ditahun 2017 permasalahan sampah ini akan terselesaikan, karena target kita Kabupaten Cirebon ini memiliki 3 TPA, dan sejauh ini kita sedang dalam tahap pengadaan lahannya,” ungkapnya.

Masih dikatakan Endoy, dihari peduli sampah nasional ini pihaknya menghimbau kepada semua elemen untuk bisa memanfaatkan sampah itu bisa menjadi nilai ekonomis dan yang paling penting adalah jangan membuang sampah sembarangan. “Dimomen hari sampah ini saya menghimbau jangan membuang sampah sembarangan apalagi disungai lebih baik dimanfaatkan sampah tersebut untuk bisa menghasilkan nilai yang ekonomis. Dan kami menghimbau masyarakat harus lebih bertanggung jawab untuk menjaga lingkungannya masing-masing,” pungkasnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.