Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Dipelihara Warga, 14 Kukang dan 2 Alap-alap Diamankan Polisi

Dipelihara Warga, 14 Kukang dan 2 Alap-alap Diamankan Polisi

TASIK РTim gabungan yang teriri dari Polres Tasik Kota BKSDA Jabar, Polisi hutan serta dibantu oleh International Animal Rescue (IAR) Indonesia telah mengamankan belasan hewan yang dilindungi. Tak hanya itu, tim gabungan juga mengamankan pemilik hewan tersebut, yang kini tengah menjalani pemeriksaan di kantor BKSDA Provinsi Jabar, baru-baru ini.

Empat belas ekor Kukang dan dua ekor burung Alap-alap merupakan hewan langka serta dilindungi ini, dipelihara oleh AD (20) di rumahnya yang merupakan Warga Kampung Cihaur, Desa Cihaur, Kec Manonjaya, Kab Tasik. AD diamankan Polisi dari Polres Tasik dan tim gabungan lantaran menyimpan serta memelihara hewan langka yang dilindungi Undang-undang.

Kanit Tipiter Polres Tasik Kota Ipda Ridwan mengatakan, dapat laporan dari BKSDA dan aktifis bahwa di Manonjaya ada salah seorang warga yang memelihara hewan langka tersebut. “Awalnya dapat informasi dari rekan-rekan BKSDA dan pihak aktifis hewan yang dilindungi, bahwa di Manonjaya ada yang memelihara hewan-hewan yang dilindungi habitatnya, dan kami lakukan pengamanan ke lokasi. Alhasil belasan hewan tersebut dapat diamankan,” ujarnya.

“Tentunya kita interview trlebih dahulu pemilik hewan langka itu di lokasi, terkait asasl-usul hewan yang pelaku dapatkan tersebut. Selanjutnya barulah yang bersangkutan serta hewan kita bawa untuk diamankan guna dilakukan pendataan,” imbuh Ipda Ridwan.

Sementara itu, menurut Dokter hewan yakni dr Purbo belasan hewan tersebut dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. “Tadi kita lakukan pemeriksaan tiap hewannya, dan hewan-hewan tersebut masih dalam keadaan sehat. Diantaranya gigi masih utuh, berat badan hewan-hewan normal serta kondisi fisik masih utuh. Hewan-hewan ini tidak ada yang sakit,” tegas dr Purbo. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*