Home » Bandung » Aher Dorong Runner Up 1 Puteri Indonesia 2017 Asal Jawa Barat, Kampanyekan Nilai Cinta Lingkungan

Aher Dorong Runner Up 1 Puteri Indonesia 2017 Asal Jawa Barat, Kampanyekan Nilai Cinta Lingkungan

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), mengaku bangga mahkota Puteri Indonesia Lingkungan 2017 (1st RU Puteri Indonesia 2017) berhasil direbut perwakilan Jawa Barat, Kevin Lilliana. Mojang asal Jawa Barat, kelahiran Bandung 5 Januari 1996 ini juga berhasil menyabet gelar Best Tradisional Costume Puteri Indonesia 2017, hingga nominasi 3 besar Puteri Indonesia berbakat 2017.

Terkait jabatan yang diemban Kevin sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017 saat ini, Gubernur Aher mendorong perempuan yang tinggal di kawasan Gunung Batu tersebut, untuk juga giat menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan terhadap generasi muda Jawa Barat. “Tugas dari Runner Up Puteri Indonesia itu adalah lingkungan, tentu kita ketemu dengan titik kepentingan kita yang sangat luas. Kita ingin lingkungan kita terus terjaga,” ungkap Gubernur Ahmad Heryawan, di Ruang Lokantara Gedung Sate Bandung, Selasa (11/04/2017).

“Kita akan jadi mitra, kan boleh jadi kalau kampanye lingkungan yang kampanye saya, kan kurang menarik, tapi kalau kemudian yang kampanyenya Kevin datang ke sekolah misalnya kan lain ceritanya, itu yang kita harapkan influencenya, seorang Runner Up Puteri Indonesia akan memberikan pengaruh positif terhadap generasi muda,” sambungnya.

Selain lingkungan secara umum, Aher juga mendorong Kevin untuk menjadi duta lingkungan yang cermat terhadap permasalahan lingkungan di Jawa Barat yang erat kaitannya dengan potensi pariwisata. Jadi selain mengkampanyekan lingkungan, Kevin pun sekaligus akan memperkenalkan potensi pariwisata dengan basik lingkungan di Jawa Barat. Saat ini Kevin tengah dipersiapkan Yayasan Puteri Indonesia untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International 2017 di Jepang akhir tahun mendatang. Untuk itu, Gubernur Aher pun memberikan dukungan moril terhadap Kevin.

“Pasti ada daya dukung dari Pemerintah Provinsi, kita ikut bersyukur Runner up putri Indonesia dimenangkan Jawa Barat, Kevin nanti ke Tokyo untuk ajang Miss International, mudah -mudahan lancar ke depan Insya Allah kita akan bangun kemitraan, dan pembinaan terus menerus,” ujarnya. Puteri Indonesia Lingkungan 2017 Kevin Liliana mengungkapkan rasa terimakasihnya pada jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Dinas Pariwisata Jawa Barat atas dukungan dan sambutan terhadap prestasi yang diraihnya.

“Saya mengucapkan terima kasih pada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, serta Dinas Pariwisata Jawa Barat yang telah meluangkan waktunya untuk menerima saya,” kata Kevin. Kevin mengungkapkan dengan tugasnya sebagai Puteri Indonesia Lingkungan, dirinya diminta untuk cermat terhadap isu lingkungan yang juga mencangkup lingkungan yang punya potensi pariwisata. Dirinya mengungkapkan dengan menjaga lingkungan, maka akan meninggalkan kesan yang baik terhadap turis yang berkunjung ke daerah wisata yang dimiliki suatu daerah.

“Tugas sebagai Puteri Indonesia Lingkungan tidak jauh mengenai bagaimana kita melestarikan lingkungan yang juga mencakup budaya dan pariwisata Indonesia, karena Jabatan saya sebagai Puteri Indonesia Lingkungan,” katanya. Untuk di Jawa Barat kata Kevin, dirinya mengaku siap memberikan dukungan untuk pengembangan Ciletuh – Pelabuhan Ratu Geopark di Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, Ciletuh memiliki kekayaan alam yang masih perawan dan indah, mulai dari air terjun, tebing, bukit, terumbu karang, dan pantai. Maka hal tersebut merupakan potensi lingkungan yang perlu dijaga.

Kevin mengatakan, menjaga lingkungan dan kebersihan akan memberi kesan yang baik bagi turis supaya para turis ‘tidak kapok’ untuk berwisata kembali ke Jawa Barat, bahkan indahnya, terjaganya, dan perawannya suatu kawasan wisata, harusnya bisa membuat para turis terutama turis mancanegara ‘ketagihan’ dengan kekayaan alam dan budaya Jawa Barat. “Di Jawa Barat yang sedang dikembangkan Ciletuh -Pelabuhan Ratu Geopark, itu satu pariwisata yang punya potensi lingkungan yang bagus, disitu banyak kekayaan alam yang masih murni,” ungkap Kevin. “Ada sosial media untuk mengenalkan, tapi kita perlu memberikan pengalaman indah kepada turis, salah satunya dengan menjaga alam dan kebersihan sekitar lokasi wisata, kita harus jaga supaya turis – turis yang datang tidak ‘kapok’ istilahnya,” katanya. (hms/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*