Home » Bekasi » 500 WBP Lapas Cikarang Hatam Al Qur’an Pecahkan Rekor MURI
SUASANA narapidana saat melaksanakan salat Dhuha berjamaah di dalam Lapas Cikarang. (foto jar)

500 WBP Lapas Cikarang Hatam Al Qur’an Pecahkan Rekor MURI

BEKASI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cikarang Bekasi melaksanakan kegiatan hataman Al Qur’an yang diikuti 500 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Cikarang. Sebelumnya, para narapidana berjamaah bersama melakukan shalat Dhuha.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Cikarang-Bekasi, Kadek Anton Budiharta menjelaskan, ini adalah kegiatan hataman Al Qur’an yang diikuti warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Ini sebenarnya kegiatan biasa yang kita laksanakan setiap harinya di lapas. Namun, hari ini ada perbedaan yang luar biasa, yaitu kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia,” ujar Kalapas Cikarang, Kamis (20/04).

Ia mengatakan, hampir 500 lapas dan rutan di seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan yang sama. “Sehingga dari kegiatan ini, nanti kalau terselenggara dengan baik akan dicatat oleh Musieum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor baru dengan kategori ‘pembacaan Al Qur’an di tempat yang berbeda, terbanyak di seluruh Indonesia’ dengan peserta narapidana terbanyak, karena secara nasional target kita sebanyak 50.000 orang yang terlibat dalam kegiatan ini,” bebernya.

Lebih lanjut Kadek mengatakan, ini sebagai momentum bagi lapas dan rutan, khususnya dalam meningkatkan pembinaan kepribadian dan kerohanian agama islam. “Dari kegiatan ini diharapkan warga binaan bisa lebih giat lagi, lebih rajin lagi ke masjid dan mengaji. Sehingga saat mereka keluar yang tadinya tidak bisa itu semua, menjadi bisa,” ucapnya.

Selain itu, 500 WBP yang mengikuti kegiatan ini 9 diantaranya merupakan warga binaan perempuan. Dan kegiatan ini dapat terselenggara berkat dukungan dari Baznas Kabupaten Bekasi, Dompet Duafa, dan perorangan yang menyumbangkan Al Qur’an, sehingga saat ini terkumpul sebanyak 500 Al Qur’an.

“Dukungan ini kami harapkan bukan hanya dari mereka (Baznas, Dompet Duafa, donatur-red), tapi juga dari pihak lain dan pada kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada para pendukung acara ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Baznas Kabupaten Bekasi, Abdul Aziz mengatakan, sangat memberikan apresiasi atas kegiatan hatam Al Qur’an yang diselenggarakan di lapas.

“Kami dari Baznas Kabupaten Bekasi sangat antusias dan memberikan apresiasi yang luar biasa, kami sangat mendukung kegiatan hatam Al Qur’an dalam rangka hari Pemasyarakatan ke 53 yang diselenggarakan di lapas Cikarang,” ujar Abdul.

“Kami memberikan partisipasi berupa dukungan moril, dan kami memberikan 200 buah Al Qur’an yang kami wakafkan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Cikarang,” pungkasnya. (fjr)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.