Home » Nasional » Tunggu Kehadiran VW Polo Yang Ukurannya Menyamai Sang Kaka, VW Golf

Tunggu Kehadiran VW Polo Yang Ukurannya Menyamai Sang Kaka, VW Golf

OTOMOTIF – Volkswagen akhirnya buka suara soal generasi terbaru VW Polo. Jagoan manufaktur di kelas hatchback sub-kompak itu, segera melahirkan generasi barunya dalam waktu dekat. Sejumlah penampakan foto dirinya, sudah beredar luas di dunia maya sejak beberapa pekan. Mulai dari yang masih berbalut kamuflase penuh, sebagian, sampai spyshot telanjang yang memaparkan bentuk dari VW Polo generasi teranyarnya.

Tampilan VW Polo dari arah belakang

Dibangun dengan rangka arsitektur baru platform MQB A0, Volkswagen Polo terbaru terlihat lebih besar ketimbang pendahulunya. Bahkan bentuk dan ukurannya hampir menyamai sang kakak, VW Golf. Dimensi yang lebih panjang dan lebar, kemudian juga berpengaruh pada ruang kabin dan bagasi yang lebih lega dibanding Polo lama.

Menurut pewartaan AutoNews, Volkswagen memang belum membuka keran sama sekali soal spesifikasi dan detailnya. Namun bisa dipastikan, bukan hanya rangkanya saja yang baru. Apalagi jika mengacu perkataan Herbert Diess, selaku pimpinan dari Volkswagen, yang mengklaim bahwa VW Polo baru menjadi benchmark di segmennya. Itu berarti Polo dibekali segenap fitur terdepan yang mengalahkan kompetitor di kelasnya. Salah satu fitur yang paling bisa diterka adalah sistem infotainment, bantuan pengemudian dan cluster instrument digital. Ketiganya mengadopsi kepunyaan VW Golf terbaru.

VW Polo baru rencananya menawarkan sejumlah pilihan dari mesin 3-silinder, termasuk 1.0 liter TSI dan 1.5 liter TSI dengan sejumlah output berbeda. Kabarnya, versi GTI juga mengisi jajaran VW Polo baru dengan mesin 2.0 liter turbo. Sedang mesin diesel belum ada rumor atau bocorannya. Jika ada kemungkinan menggunakan mesin 1.6 liter TDI. Transmisinya masih mengandalkan kopling ganda kebanggaan manufaktur VW dengan kemungkinan opsi 5-speed, 6-speed, bahkan 7-speed untuk varian tingginya. Sementara untuk generasi yang ada sekarang, khsusunya yang dijual di Indonesia VW Polo menggunakan mesin 1.2 liter TSI, setelah sebelumya ada versi mesin 1.4 TSI.

Seperti dilaporkan AutoNews lagi, VW Polo generasi baru mulai memasuki masa produksi bulan depan dan Frankfurt Motor Show 2017 September mendatang digadang-gadang menjadi panggung penampilan perdananya di dunia. Melihat perubahan pada dimensi dan mesinnya, VW Polo baru langsung dihadang oleh kompetitornya seperti Ford Fiesta, Kia Rio dan Honda Fit atau Jazz. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.