Home » Bekasi » APINDO Kabupaten Bekasi Apresiasi Lapas Cikarang

APINDO Kabupaten Bekasi Apresiasi Lapas Cikarang

BEKASI – Berjalannya uji coba pembuatan barang plastik berupa sendok di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Cikarang membuat APINDO Kabupaten Bekasi memberikan apresiasi luar biasa.

Ketua APINDO Kabupaten Bekasi, Sutomo mengatakan, sangat mendukung apa yang dilakukan Lapas Cikarang dalam mendidik warga binaannya selama mereka (napi-red) menjalani masa hukumannya. “Intinya saya sangat mendukung, artinya bahwa mengajari kepada bangsa Indonesia menjadi produktif, mengajari bangsa Indonesia hingga memiliki keahlian, itu bagus dan positif,” ujar Sutomo usai mengikuti Sosialisasi Indeks Tata Kelola (ITK) di Mapolres Metro Bekasi, Selasa (23/05).

Selain itu, dalam uji coba produksi barang plastik tersebut, pihak lapas berencana akan meresmikannya dan mendaftarkannya ke ISO agar memiliki standarisasi. “Barang yang diproduksi dan dijual memang harus barang yang standard, yaitu standard produksi yang harus dari ISO. Saya pikir positif lah kalau itu bisa dikerjakan dengan baik dan semua orang bisa memiliki keahlian khusus nanti pada saat mereka (napi-red) keluar dari lapas dengan berbekal keahlian bisa interaktif dengan masyarakat dengan lebih baik dan tidak berbuat negatif lagi,” katanya.

Sutomo menyebutkan, dalam aspek hukum harus ada hitam di atas putih. Bagaimana membayar upah mereka, itu juga harus jadi perhatian dan bisa saling menguntungkan antara kedua belah pihak. “Tapi dari aspek memberikan skill, itu saja sudah memberikan image positif bagi mereka (napi-red) dan saya berharap, pihak lapas bisa menciptakan manusia baru dengan membina serta mengajari hal positif bagi napi,” pungkas Sutomo. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*