Home » Artikel » Selamat Datang Ramadhan 1439 H, Yuk…!!! Tetap Sehat

Selamat Datang Ramadhan 1439 H, Yuk…!!! Tetap Sehat

Selamat Datang Ramadhan, Yuk…!!! Tetap Sehat

PEKAN LALU kita sudah memasuki Bulan Ramadhan 1439 H. Tentunya, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Puasa Ramadhan yang dijalankan selama 29 atau 30 hari itu, tanpa disadari akan membuat pola makan menjadi lebih teratur. Dengan berpuasa, sistem pencernaan kita mendapat kesempatan untuk beristirahat. Bahkan aktifitas puasa termasuk salah satu detoksifikasi atau pembuangan segala bentuk zat merugikan yang terdapat di usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, serta kulit. Puasa juga akan mengubah simpanan lemak dalam tubuh menjadi energi.

Selama berpuasa kadar gula darah tubuh kita menjadi lebih rendah dibandingkan ketika tidak berpuasa. Tubuh yang lemas disebabkan oleh sebagian cairan tubuh yang hilang. Ketika menjalankan ibadah puasa, kesempatan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hanya setelah berbuka puasa hingga saat makan sahur . Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu tersebut untuk memberikan asupan nutrisi yang mencukupi bagi tubuh kita. Namun, itu bukan berarti Anda dapat mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Ada beberapa anjuran yang dapat diikuti agar tetap merasa nyaman selama menjalankan ibadah puasa.

Agar Anda terhindar dari lesu dan lemas saat puasa, Anda bisa melakukan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuh Anda. Puasa biasanya diidentikkan dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Nah, berikut ini adalah sepuluh tips agar tetap bugar saat menjalankan puasa.

1. Check up
Sebelum berpuasa, Anda yang menderita masalah kesehatan tertentu atau lambung sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda. Hal ini untuk menghindari adanya keluhan seputar kesehatan yang nantinya Anda rasakan ketika puasa.

2. Merencanakan jadwal menu
Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

3. Menu saat sahur
Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan perbanyak minum air.

4. Hindari tempat yang terlalu panas
Hindari terlalu lama berada di tempat panas karena itu dapat membuat Anda merasa dehidrasi. Berdiamlah di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan batasi aktivitas fisik. Beristirahatlah jika memungkinkan.

5. Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan
Berbuka puasa dengan kurma dan air sudah cukup untuk mengisi perut Anda. Setelah shalat maghrib, lanjutkan dengan makan makanan ringan. Kemudian perbanyak minum air putih.

6. Makan saat malam
Pada malam hari (setelah maghrib), Anda bisa menyantap makan malam yang sehat dan seimbang. Jangan makan berlebihan, dan pastikan untuk minum beberapa gelas air.

7. Hindari minuman tidak sehat
Saat malam, tahan godaan untuk minum teh, kopi, atau soda. Perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

8. Olahraga
Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan di malam hari.

9. Hindari makanan pedas atau digoreng
Hindari makan makanan yang digoreng dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.

10. Jadwal tidur
Atur jadwal tidur Anda sehingga Anda tetap mendapatkan cukup tidur selama puasa.

11. Minum Suplemen Makanan Alami
Bagi yang ingin tetap sehat dan bugar selama Ramadhan, selain pola hidup sehat tadi, Anda bisa mengkonsumsi Suplemen Makanan yang alami.

Ini adalah sebelas tips agar Anda tetap bugar selama berpuasa di bulan suci Ramadan. (dbs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.