Home » Cirebon » Gunakan DD 2017, Ini Prioritas Pembangunan Di Desa Ciledug Kulon

Gunakan DD 2017, Ini Prioritas Pembangunan Di Desa Ciledug Kulon

CIREBON – Pemerintah Pusat akan merealisasikan penyaluran dana desa (DD) tahun 2017 kepada pemerintah desa di seantero Nusantara. Dana desa tersebut bakal disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ke rekening milik desa. Hal itu jelas disambut antusias para kepala desa (kades) atau kuwu se-Indonesia.

Kuwu Ciledug Kulon – Wawan Hermawan

Tak terkecuali Kuwu Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, yang juga akan menggunakan DD tahap 1 tahun 2017 yang sudah cair sebesar 60 persen tersebut, untuk digunakan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Berdasarkan peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa. Dana desa di tahun 2017 ini digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa.

Demikian, disampaikan Kuwu Ciledeug Kulon, Wawan Hermawan kepada jabarpublisher.com, Jumat (2/6/2017). Ia mengatakan, prioritas utama dari DD tersebut untuk pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), Plat Daker di Dusun 1, Dusun 2, dan Dusun 3. “Dan tak lupa kami juga ingin rehab madrasah di dua Dusun,” ujarnya.

Masih dikatakan Kuwu Ciledug Kulon, untuk pemberdayaan masyarakat, DD tahap 1 akan digunakan bagi peningkatan kapasitas tenaga pengajar honorer. “Mereka itu antara lain, Imam mushola, Imam masjid, guru ngaji dan pemberian santunan anak yatim dan jompo. Serta untuk pengembangan pos binlu juga akan kita laksanakan,” pungkasnya. (adv/crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.