Home » Bekasi » Siapkan Pembatas Jalan, Sat Lantas Polrestro Bekasi Buat Tolo-Tolo

Siapkan Pembatas Jalan, Sat Lantas Polrestro Bekasi Buat Tolo-Tolo

BEKASI – Menjelang arus mudik Unit Dikyasa Sat lantas Polres Metro Bekasi menyiapkan pembatas jalan yang terbuat dari adukan semen dan pasir serta dilengkapi tiang yang terbuat dari kayu atau bambu.

Proses pembuatan pembatas jalan yang biasa disebut ‘Tolo-Tolo’ ini, dilakukan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi, Iptu Suharmoyo bersama 4 orang anggotanya. “Kegiatan pembuatan ‘Tolo-Tolo’ ini merupakan salah satu persiapan yang dilakukan kepolisian untuk arus mudik maupun balik di hari raya Idul Fitri tahun ini,” kata Iptu Suharmoyo, Kamis (01/06) kemarin.

Ia menjelaskan, fungsi ‘Tolo-Tolo’ itu sama halnya dengan Traffic Cone, yakni sebagai alat untuk pengalihan arus saat ada kegiatan yang sifatnya urgent dan berguna juga sebagai penutup u-turn (Putaran) agar bisa memperlancar arus dan mengurai kemacetan. “Pembuatan ‘Tolo-Tolo’ dilakukan untuk menambahkan jumlah traffic cone yang tersedia mengingat jumlah traffic cone yang ada saat ini terbatas,” ucapnya.

Adapun ‘Tolo-Tolo’ itu, lanjutnya, nantinya akan dipasang di jalur arteri yang dilalui oleh pemudik seperti di jalur pantura mulai dari Kecamatan Tambun Selatan hingga Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi. “Akan kita pasang di titik-titik pos pengamanan dan pelayanan maupun check point yang lokasinya sudah ditentukan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.